Sukses

Para Ibu, Cara Ini Cegah Telur Rebus Berubah Warna Kehijauan

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda melihat cincin keabu-abuan atau kehijau-hijauan saat membelah telur rebus? Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah aman untuk dimakan? Apakah rasanya enak? Apakah ada cara untuk menghilangkannya?

Secara mudah, sebenarnya Andalah yang menyebabkan perubahan warna di sekitar kuning telur itu terjadi. Ini dikarenakan proses perebusan yang terlalu lama sehingga menyebabkan telur rebus amat matang, berkapur, dan kering.

Penjelasan ilmiahnya menurut Elisa Maloberti, direktur pemasaran produk di American Egg Board adalah perubahan warna tersebut disebabkan oleh pembentukan besi sulfida tempat kuning dan putih telur bertemu.

"Ini terbentuk ketika zat besi dari kuning telur bereaksi dengan hidrogen sulfida dari putih telur. Semakin matang telur, semakin gelap pula perubahan warna itu," ungkapnya seperti dilansir dari Chowhound.

Namun, jangan khawatir, meski tak indah dipandang, telur rebus tersebut sangat aman untuk dimakan.

 

2 dari 3 halaman

Pilih telur yang segar

Jika Anda memang sering terlalu lama memasak telur, maka kunci untuk menghindari cincin hijau tersebut adalah memilih telur yang benar-benar segar. Telur segar hanya memiliki sedikit tingkat basa putih dan seiring bertambahnya usia, tingkat basa meningkat.

Semakin tinggi tingkat basa, semakin cepat reaksi kimia antara belerang dan zat besi dalam telur terjadi. Meski aman untuk dimakan, perubahan warna pada telur mentah juga dapat berarti bakteri yang menunjukkan pembusukan. Karena telur tersebut tak lagi segar.

 

3 dari 3 halaman

Cara memasak yang benar

Lalu, bagaimana cara untuk menghindari perubahan warna setelah memasak? Tentu saja dengan cara tidak memasaknya terlalu matang. Namun selain itu, Anda bisa mencoba cara berikut ini.

Tempatkan keranjang pengukus penuh telur ke dalam panci berisi 3 cm air, tutup, dan masak selama sekitar 13 menit. Setelah selesai, masukkan telur ke dalam bak kecil berisi air es selama setidaknya 15 menit atau sampai benar-benar dingin.

Pada titik ini, tak peduli seberapa segar telur Anda, kulitnya akan terlepas dengan mudah. Dan tentu saja, karena Anda belum terlalu matang memasaknya, tidak akan ada perubahan warna di sekitar kuning telur juga.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Memilih dan Merebus Telur Agar Tak Gampang Pecah
Artikel Selanjutnya
Variasi Menu Telur untuk Ide Sarapan Praktis nan Sehat