Sukses

Jenis Ikan Laut yang Bisa Dikonsumsi, Enak dan Menyehatkan

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Memiliki bentangan laut yang luas, membuat sumber daya alam yang dimiliki berlimpah. Salah satu hasil produksi dari sumber daya laut adalah ikan

Di Indonesia banyak jenis-jenis ikan yang bisa di manfaatkan. Baik untuk hewan hias maupun dikonsumsi. Masyarakat di Indonesia tentu sudah tak asing dengan berbagai olahan ikan.

Namun sayang tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan masih terbilang rendah. Hal ini karena banyak yang menganggap bahwa harga ikan mahal.

Walaupun nyatanya tidak demikian. Harga ikan bervariasi sesuai dengan jenis-jenis ikan yang ada, seperti jenis ikan laut dan ikan tawar. Ada banyak jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi dari harga yang terjangkau.

Dilansir Liputan6.com, Kamis (15/3/2019) dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis ikan laut yang dapat dikonsumsi dengan aman dan memiliki gizi yang baik bagi kesehatan tubuh.

 

2 dari 4 halaman

Ikan tongkol dan tuna

1. Ikan Tongkol

Kamu pasti sudah tak asing dengan jenis ikan laut satu ini. Ikan tongkol banyak diolah menjadi makanan yang lezat. Ikan tongkol masih dalam keluarga ikan tuna. 

Jenis ikan laut ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang salah satunya adalah zat besi. Zat besi sangat bermanfaat bagi tubuhmu dalam pembentukan sel-sel darah merah.

2. Ikan Tuna

Jenis ikan laut satu ini memiliki daging yang lembut dan tebal. Tak heran jika ikan tuna banyak digemari oleh masyarakat untuk dikonsumsi. Di Indonesia terdapat beberapa jenis ikan laut ini yaitu tuna maddihang, tuna mata beasar, tuna albakora dan tuna sirip biru.

Ikan tuna kaya akan protein yang baik untuk menjaga jaringan pada tubuh dan juga mengandung lemak yang rendah sehingga aman dikonsumsi serta aman bagi kesehatan jantung.  

3 dari 4 halaman

Ikan cakalang dan sarden

3. Ikan Cakalang

Cakalang merupakan jenis ikan laut yang hidupnya bergerombol. Jika kamu mengonsumsi ikan cakalang ini, kamu akan mendapatkan manfaat menutrisi kulitmu menjadi tampak kenyal karena dari kandungan proteinnya yang tinggi.

Selain kandungan proteinnya, ikan cakalang juga mengandung vitamin A,C dan vitamin D.

4. Ikan Sarden

Apa kamu kerap makan ikan sarden? Ikan sarden termasuk dalam jenis ikan laut yang memiliki ukuran tubuh yang kecil. Ikan sarden berasal dari kawasan Mediterania yang banyak sekali ditemukan jenis ikan sarden ini.

Jenis ikan laut ini bahkan memiliki 21 spesies menurut WHO dan FAO.

4 dari 4 halaman

Ikan teri dan kakap.

5. Ikan Teri

Kamu pasti sering mengonsumsi ikan kecil-kecil ini. Jenis ikan laut yang memiliki ukuran tubuh sekitra 5 cm ini banyak dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Di laut, ikan teri hidup secara bergerombol dan mudah dicari di perairan Indonesia.

Ikan teri memiliki khasiat yang menyehatkan bagi jantung karena mengandung asam tak jenuh yang baik untuk melawan kolesterol jahat, protein an kalsium tinggi.

6. Ikan Kakap

Ikan kakap yang biasa dikonsumsi adalah ikan kakap merah dan ikan kakap putih. Ikan kakap merupakan jenis ikan laut yang khas dari daerah Riau. Kebanyakan masyarakat lebih memilih ikan kakap merah karena dagingnya yang lebih tebal daripada ikan kakap putih.

Kandungan dalam ikan kakap juga baik untuk kesehatan. Jenis ikan laut yang gemar hidup di terumbu karang tersebut, mengandung banyak zat gizi dan kandungan seleniumnya yang tinggi yang baik sebagai antioksidan bagi tubuh.

Vitamin E yang baik untuk kesehatan kulitmu juga bisa ditemukan di ikan kakap in

Ngeri, Buaya Berkeliaran di Rumah Warga di Sentani
Loading
Artikel Selanjutnya
Kenali Penyakit Miom, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
Artikel Selanjutnya
Jenis Huruf Unik yang Bagus untuk Undangan, Bikin Makin Elegan dan Berkesan