Sukses

7 Makanan Khas Jepang yang Populer, Cocok di Lidah Orang Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Negara yang dikenal dengan nama Negeri Sakura ini memang memiliki kebudayaan yang cukup kental. Sama seperti Indonesia, Negara Jepang pun memiliki beragam seni budaya dan juga kuliner.

Beberapa makanan khas Jepang pun sangat terkenal di Indonesia bahkan dunia. Tak ayal jika Jepang pun menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup digemari.

Bahkan makanan khas Jepang pun kini dapat ditemui di berbagai lokasi di Indonesia. Makanan khas Jepang terutama makanan tradisionalnya memiliki cita rasa yang khas. Meski seiring dengan perubahan zaman, Jepang pun masih mempertahankan resep-resep tradisional yang otentik.

Beberapa makanan khas Jepang pun nampak akrab di telinga Indonesia. Bukan hanya akrab di telinga saja, akan tetapi banyak pula makanan khas Jepang yang cocok bagi lidah orang Indonesia.

Berikut ini telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (2/3/2019) mengenai makanan khas Jepang yang populer dan juga cocok untuk Lidah Indonesia.

2 dari 8 halaman

1. Sushi

Siapa yang tak tahu dengan makanan khas Jepang satu ini? Sushi sendiri cukup populer bukan hanya di Indonesia saja. Sushi merupakan makanan khas Jepang yang sangat terkenal. Sushi adalah makanan dengan bahan dasar nasi.

Selain menggunakan nasi, membuat makanan khas Jepang satu ini pun cukup simple. Kamu hanya memerlukan nasi, telur, sayuran seperti mentimun, belut ataupun daging salmon.

Bahan tersebut kemudian digulung dengan nori atau rumput laut panggang di atas anyaman bambu persegi panjang. Setelah berbentuk gulungan potong sushi dengan ukuran yang bisa langsung dimakan.

Jenis sushi pun bermacam-macam, bukan hanya sushi yang digulung dengan nori saja yang terkenal. Ada pula sushi yang tidak menggunakan nori loh. Biasanya sushi ini hanya menggunakan nasi, wasabi dan juga salmon ataupun udang.

3 dari 8 halaman

2. Ramen

Bagi kamu yang sering menonton animasi Jepang pastinya paham dan tahu apa itu ramen. Mie ramen juga termasuk makanan khas Jepang yang cukup populer di Indonesia. Mie ini biasnya disajikan dengan kuah kaldu serta berisi daging, ikan dan juga irisan daun bawang.

Selain itu, menyajikan mie ramen ini tak lepas pula dengan sup miso. Kaldu pada ramen sendiri ada 4 varian, yaitu shoyu atau kecap, shio atau garam, miso berupa pasta kacang yang telah difermentasi serta tonkotsu atau kuah daging babi. Jika ramen yang halal menggunakam daging sapi.

Mie ramen sendiri sangat populer bagi para wisatawan yang mengunjungi Jepang. Hal ini dikarenakan ramen termasuk makanan khas Jepang yang memiliki harga cukup terjangkau. Selain rasanya yang khas, saat ini pun banyak ramen yang dijual secara instan di minimarket setempat.

4 dari 8 halaman

3. Onigiri

Makanan khas Jepang selanjutnya ialah onigiri atau nasi kepal. Onigiri ini merupakan salah satu makanan yang sering dijadikan bekal. Hal ini karena cara makan onigiri dirasa cukup praktis dan bisa langsung dimakan.

Seperti namanya nasi kepal, onigiri memang dibuat dengan cara dikepal dengan isian sesuai selera. Kamu bisa mengisi onigiri dengan isian salmon, ayam, telur ikan, tuna mayo. Setelah dikepal onigiri ini dibungkus dengan nori atau rumput laut kering. Di Jepang sendiri onigiri sering disebut dengan nama omusabi.

 

5 dari 8 halaman

4. Takoyaki

Takoyaki sendiri tergolong dalam jajanan khas Jepang. Di Indonesia sendiri kamu pun bisa menemui makanan dengan bentuk bulat ini di mana saja. Takoyaki merupakan makanan dengan bahan dasar tepung yang memiliki isian potongan cumi-cumi atau gurita.

Makanan ini cukup populer dan digemari karena rasanya yang lembut namun bisa memanjakan lidah. Bila sedang berkunjung ke Jepang, kamu bisa menemui makanan ini di pinggir jalan, festival ataupun pasar malam.

6 dari 8 halaman

5. Tempura

Tempura merupakan makanan yang sangat terkenal baik di Jepang ataupun Indonesia. Tempura meruapakan makanan dari aneka seafood yang kemudian dibaluri dengan adonan yang terbuat dari campuran tepung, air dan juga telur.

Setelah dibaluri dengan adonan, kamu bisa langsung memasukannya ke dalam minyak panas. Meskipun begitu kamu sebaiknya memasaknya menggunakan api sedang.

7 dari 8 halaman

6. Udon

Udon sebenarnya bukan makanan khas Jepang. Makanan ini merupakan makanan yang berasal dari Tiongkok. Udon sendiri memiliki penyajian yang mirip dengan ramen, tetapi yang membedakan ialah ukuran mie. Jika mie ramen berukuran kecil dan tipis, mie udon memiliki ukuran yang lebih besar dari biasanya dan juga tekstur yang lebih kenyal.

8 dari 8 halaman

7. Sashimi

Sashimi merupakan makanan khas Jepang yang mudah ditemui. Makanan ini merupakan hidangan dari ikan segar yang diiris tipis. Meskipun di Indonesia sendiri memakan ikan segar bukan hal yang wajar, akan tetapi beberapa restoran Jepang yang ada di Indonesia pun memiliki menu sashimi.

Orang Jepang sangat menyukai hidangan ikan segar karena mengandung Omega 3 yang cukup tinggi. Jenis ikan yang sering digunakan untuk hidangan ini ialah tuna dan juga Salmon. Meski begitu, beberapa ikan lainnya pun bisa disajikan sebagai bahan membuat sashimi.