Sukses

Fungsi Komunikasi dalam Jaringan dan Tujuannya, Mahasiswa FISIP Wajib Baca Nih

Berbagai carapun dapat kamu lakukan untuk berinteraksi dengan orang lain, meskipun seseorang itu berada jauh denganmu.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang ingin berkomunikasi dengan seseorang yang jauh tentu saja pasti menggunakan aplikasi yang mendukung, kan? Berinteraksi dengan orang lain mampu menunjukkan mengenai fungsi komunikasi di dalam kehidupan bermasyarakat. Berbagai carapun dapat kamu lakukan untuk berinteraksi dengan orang lain, meskipun seseorang itu berada jauh denganmu.

Dengan adanya aplikasi-aplikasi pendukung dalam berkomunikasi ini tentu saja memudahkan kamu untuk bisa terhubung satu sama lain. Baik itu dengan keluarga, teman ataupun kekasih. Dan komunikasi sangat dibutuhkan bagi masyarakat saat ini. Saling menyapa melalui saluran telepon ataupun video tentunya membutuhkan ponsel ataupun komputer sebagai alatnya.

Komunikasi menggunakan aplikasi ini dapat disebut pula dengan komunikasi dalam jaringan. Tentunya selain untuk mempermudah melakukan interaksi dengan teman ataupun keluarga, fungsi komunikasi dalam jaringan pun dapat kamu rasakan di berbagai aspek.

Komunikasi dalam jaringan sendiri ialah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerima pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi dalam jaringan yang sering dilakukan oleh seseorang saat ini ialah menggunakan aplikasi seperti Skype, WhatsApp, Line atau aplikasi lainnya yang banyak disediakan buat kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis Komunikasi dalam Jaringan

Dalam hal komunikasi jaringan, terdapat dua tipe komunikasi dalam jaringan atau biasa disebut dengan komunikasi daring. Salah satunya ialah komunikasi daring sinkron dan lainnya ialah komunikasi daring asinkron atau tak serempak. Kedua jenis ini tentu saja digunakan dalam berkomunikasi menggunakan komputer sebagai media perantaranya. Namun kedua jenis komunikasi dalam jaringan ini tentunya memiliki perbedaan.

Perbedaan yang terlihat dari kedua jenis komunikasi ini ialah pada waktu. Dalam komunikasi dalam jaringan sinkron atau serempak, terjadi dalam waktu yang bersamaan atau real time. Aplikasi yang menggunakan jenis komunikasi sinkron antara lain, WhatsApp, Skype, Hangout, Face Time dan lainnya.

Sedangkan untuk komunikasi daring asinkron ialah komunikasi yang dilakukan tidak pada waktu yang bersamaan. Komunikasi ini menggunakan komputer dan dilakukan secara tunda dan tidak pada satu waktu yang sama. Contoh penggunaan dari komunikasi dalam jaringan asinkron ialah email, rekaman audio maupun visual yang dikirimkan kepada orang lain, membaca dan menulis dalam sebuah website.

3 dari 5 halaman

Fungsi Komunikasi dalam Jaringan

Melakukan komunikasi dalam jaringan, tentunya memiliki beberapa fungsi. Fungsi komunikasi dalam jaringan di antaranya sebagai informasi, hubungan atau korelasi, dan juga hiburan. Dan berikut ini beberapa penjabaran mengenai fungsi komunikasi dalam jaringan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/1/2019)

1. Sebagai Informasi

Mendapatkan sebuah informasi menjadi fungsi komunikasi dalam jaringan yang utama. Hal ini dikarenakan setiap orang mampu untuk mendapatkan sebuah informasi baik untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat luas. Dan berikut fungsi komunikasi dalam jaringan untuk mendapat informasi:

• Menunjukkan hubungan tingkat-tingkat otoritas

• Menyediakan informasi mengenai peristiwa dan kondisi di masyarakat

• Pengembangan ilmu pada diri sendiri

• Memudahkan inovasi, adaptasi dan kemajuan pada lingkungan sekitar

• Memuaskan rasa ingin tahu dan mencari minat lebih lanjut

2. Sebagai Hubungan atau Korelasi

Selain sebagai menyedia informasi, fungsi komunikasi dalam jaringan lainnya ialah berada pada aspek hubungan atau korelasi. Berikut fungsinya sebagai hubungan ataupun korelasi:

• Untuk melakukan sosialisasi

• Membantu menjalankan peran sosial

• Menjelaskan, mengomentari dan menafsirkan sebuah peristiwa dan informasi

• Mempererat hubungan antara satu dengan lainnya

• Menunjang otoritas dan norma-norma yang ada

3. Sebagai Media Hiburan

Selain menjadi media hubungan antar korelasi serta menambah informasi, komunikasi dalam jaring juga berfungsi sebagai hiburan. Dan yang dimaksud sebagai sarana hiburan ialah:

• Meredakan ketegangan sosial

• Memperoleh kenikmatan jiwa dan estetis

• Menyediakan hiburan dan sarana relaksasi

• Mengekspresikan diri

4 dari 5 halaman

Fungsi Komunikasi di Era Teknologi

1. Penyingkat waktu

Dengan adanya teknologi dalam berkomunikasi, maka hal ini dapat dengan mudah dilakukan. Kamu juga dapat menyingkat waktu saat berkomunikasi dengan seseorang. Tentu saja komunikasi dalam jaringan ini memakan waktu lebih efektif dan juga efisien.

2. Menghilangkan jarak

Dengan mudahnya kamu berkomunikasi saat ini, jarak bukan lagi menjadi persoalan yang rumit. Apalagi jika kamu sedang menjalin hubungan jarak jauh, tentu saja ini akan mempermudah kamu dalam mengobati rindu karena mampu untuk menghilangkan jarak antara kamu dengan orang yang sedang berada jauh.

3. Mengirim data dengan jumlah besar

Selain bisa untuk berkomunikasi dengan cepat dan mudah, kamu juga bisa melakukan pengiriman data dengan jumlah yang besar. Dan pengiriman data ini juga tidak membutuhkan waktu lama, asalkan jaringan yang terhubung juga tidak terputus.

4. Memungkinan berkomunikasi dalam skala besar

Kamu juga dapat melakukan sebuah komunikasi dengan skala besar. Skala besar yang dimaksudkan ialah kamu bisa berkomunikasi langsung dengan beberapa orang temanmu. Baik itu dalam komunikasi sinkron ataupun dalam komunikasi asinkron.

5 dari 5 halaman

Tujuan Komunikasi dalam Jaringan

• Media Komunikasi

Tentunya komunikasi dalam jaringan ini memiliki tujuan untuk menjalin komunikasi antara satu dengan lainnya.

• Sharing Resources

Kamu bisa berbagi sumber daya dan dapat dilakukan secara bersama-sama. Kamu bisa memanfaatkan segala program serta peralatan dengan orang lain tanpa dipengaruhi oleh lokasi kamu melakukan komunikasi daring ini.

• Menghemat Tenaga, Waktu dan Biaya

Melakukan komunikasi dalam jaringan ini mampu membuat kamu untuk menghemat tenaga. Menghemat tenaga dalam hal ini ialah kamu tidak perlu bertemu secara langsung dengan orang tersebut. Selain itu kamu juga menghemat waktu dengan tidak melalukan mobilitas untuk menemui seseorang tersebut. Dan tentu saja karena tidak perlu menemui orang tersebut secara langsung, maka kamu juga akan menghemat biaya.

 

 

Reporter: Novita Ayuningtyas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.