Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Anjing Ternyata Punya Emosi Seperti Manusia

Tak disangka, hewan seperti anjing ternyata memiliki emosi seperti manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Anjing menjadi salah satu hewan yang difavoritkan banyak orang untuk dipelihara. Kelucuan dan sifatnya yang agresif membuat binatang berbulu itu dijadikan teman untuk meramaikan suasana rumah.

Tak disangka, hewan seperti anjing ternyata memiliki emosi seperti manusia. Tak hanya marah atau manja yang dapat ditunjukkan, tapi ada begitu banyak emosi yang dimiliki anjing yang mungkin tak disadari. Melansir dari Bustle, berikut deretan emosi yang dimiliki anjing.

1. Takut

Meskipun terkenal memiliki gigi tajam atau gigitan. Anjing tidak luput dari perasaan takut. Rasa takut akan membawa para anjing ini kepada naluri pertahanan mereka untuk selamat dan menjalani kehidupan.

2. Frustasi

Anjing juga merasakan perasaan aneh yang menyebabkan frustasi. Tanda-tanda anjing sedang frustasi adalah datangnya perilaku menggonggong, berkeliaran dan mondar-mandir.

3. Kegelisahan

Kegelisahan tidak hanya dirasakan kalian yang menunggu hasil sidang skripsi, melainkan anjing juga bisa merasakan kegelisahan ketika mendapatkan trauma masa lampau.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Bahagia

Selain emosi yag kurang baik, bahagia atau sedang good mood dapat dirasakan anjing. Pastinya ini adalah emosi yang sangat kalian suka dan ingin kamu lihat setiap harinya.

5. Nyaman

Anjing dapat merasakah kenyamanan akan suatu hal atau tempat. Ketika mereka merebahkan diri dan melakukan peregangan, maka mereka sedang dalam masa nyamannya.

6. Antisipasi

Antisipasi yang dimiliki manusia tidak hanya antisipasi terhadap suatu yang buruk atau ancaman, antisipasi dapat tejadi pada hal baik seperti menunggu diajak jalan-jalan oleh majikannya.

7. Cinta dan ketertarikan

Kata siapa hanya manusia yang dapat merasakan ketertarikan dan jatuh cinta, anjing juga bisa merasakannnya. Hal ini dapat kalian perhatikan berdasarkan respon anjing terhadap anjing lainnya atau sesuatu.

8. Terkejut

Jika kalian melihat anjing yang melompat, maka anjing itu sedang terkejut akan sesuatu seperti suara yang mengejutkan. Keterkejutan dapat juga ditunjukkan dengan bahasa tubuh anjing.

3 dari 3 halaman

9. Kesepian

Sama seperti manusia, anjing dapat merasakan kesepian atau kesendirian jika tidak ada apapun atau kegiatan apapun untuk dilakukannya. Emosi kesepian dan kebosanan dapat dirasakan anjing jika kalian meninggalkan anjing kalian tanpa teman atau apapun.

10. Depresi dan sedih

Anjing memiliki kecenderungan rasa sedih hingga pada tahap depresi. Terkadang tak alasan mengapa mereka merasa kesedihan atau depresi adalah alasan-alasan yang tidak rasional. Hal ini dapat ditandai dengan gonggongan anjing di malam hari.

11. Cemburu

Tak hanya manusia yang dapat cemburu ketika orang yang disukainya memberikan perhatian lebih pada orang lain, anjing pun dapat merasakannya. Kecemburuan dapat dirasakan karena sesuatu yang berhubungan dengan tulang, mainan atau suatu kepemilikan.

Reporter:

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.