Sukses

Ketahui 5 Tips Berikut Ini Sebelum Jalani Interview Kerja

Liputan6.com, Jakarta Memasuki dunia kerja, kalian tentu akan melalui tahap interview sebelum masuk ke perusahaan yang diinginkan. Bagi para pencari kerja pemula, rasa senang serta grogi kerap muncul ketika akan menghadapi sebuah interview kerja. Kalian seringkali akan merasakan kekhawatiran apakah kalian masuk dalam kualifikasi atau tidak.

Pastinya semua pelamar berharap bisa lolos dan bekerja di perusahaan impiannya tersebut. Sayangnya tak sedikit dari mereka yang gagal dalam tahap interview. Terlebih lagi tingkat kecemasan yang tinggi saat melakukan interview bisa membuat pelamar tidak maksimal saat menjawab pertanyaan.

Untuk membantu dalam persiapan interview, berikut beberapa tips menghadapi interview kerja dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gambarkan diri kamu

Apa yang akan kamu jawab ketika tim HRD bertanya tentang diri kamu? Hati-hati, pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter diri kamu. Pilihlah beberapa kata yang mendeskripsikan diri kamu, misalnya jujur, disiplin atau mampu bekerja secara tim. Pastikan jawaban kamu memang sesuai dengan karakter kamu yang sesungguhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

2. Pelajari tentang perusahaan

Pertanyaan tentang ini cukup penting karena kamu perlu mengetahui tempat kerjamu seperti apa. Pelajari perusahaan yang kamu lamar sebelum datang interview. Tidak hanya informasi umumnya saja tetapi usahakan untuk mempelajari informasi yang lebih detail. Kamu bisa mencari informasi tersebut di website perusahaan, berita - berita atau sumber lainnya.

3. Maksimalkan penampilan

Saat akan melakukan interview kerja kamu juga perlu memperhatikan pakaian apa yang akan kamu gunakan. Jangan asal datang, tapi pastikan kamu berpakaian yang menarik dan berikan penampilan sebaik mungkin. Seperti mengenakan baju yang rapi dan bersih, menggunakan sedikit parfum agar bau badan tersamarkan.

 4. Lakukan kontak mata

Tips lain saat interview adalah melakukan kontak mata. Berikan tatapan penuh rasa percaya diri tetapi tidak memperlihatkan tatapan yang sombong dan angkuh. Tatapan mata yang intens bisa menunjukkanbahwa kamu adalah pribadi yang percaya diri.

5. Tonjolkan kelebihan yang kamu miliki

Ketahui terlebih dahulu kelebihan kamu, dengan begitu kamu sudah mempersipkan diri jika sewaktu-waktu diberikan pertanyaan ini saat melakukan interview. Tonjolkan kelebihanmu secara singkat dan jelas, jangan sampai kamu melebih-lebihkan kemampuan yang sebenarnya tidak kamu miliki.  

Penulis:

Nihlah Fauziyatul Wafa

Universitas Islam '45' Bekasi

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Pilih Pakaian Buat Wawancara Kerja
Artikel Selanjutnya
Selain Pakaian, Simak 7 Hal Lain yang Diperhatikan HRD saat Wawancara Kerja