Sukses

Ini Model Pertama dengan Down Syndrome yang Menang Kontes Kecantikan Dunia

Remaja ini menjadi model pertama dengan down syndrome yang memenangi kontes kecantikan dunia

Liputan6.com, Jakarta - Seorang remaja dari Irlandia Utara telah menjadi model pertama dengan down syndrome yang memenangkan kontes kecantikan dunia. Kate Grant (19) mengalahkan 40 kontestan lainnya dalam ajang Teen Ultimate Beauty of The World di Portadown.

"Aku kaget. Keluargaku semua hadir, menangis, dan bersorak," kata Kate seperti dilansir dari Ladbible.

Bagi Kate, impiannya telah menjadi kenyataan. Impian tersebut adalah ia diberikan kesempatan untuk menginspirasi anak muda dengan down syndrome dan kebutuhan khusus lainnya untuk percaya pada diri mereka sendiri.

"Aku hanya ingin bersenang-senang dan mengira nama orang lain yang disebut sebagai pemenang."

Atas gelar yang ia raih, ke depannya Kate akan disibukkan dengan pemotretan yang harus ia hadiri. Selain itu, ia juga akan menjadi juri serta mentor di ajang yang sama untuk tahun depan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

The Teen Ultimate Beauty of The World sendiri merupakan kontes untuk merayakan keragaman dengan tujuan memberikan pengalaman bagi anak-anak yang memiliki kekurangan untuk mewujudkan mimpi. Ibu Kate sendiri sebenarnya memasukkan nama anaknya dalam kontes murni untuk pengalaman tanpa harapan dia akan menang.

"Saya tahu dia akan memikat mereka. Tapi apa yang paling membuat saya bangga adalah bagaimana Kate menjaga kandidat lain, mendorong, serta mendukung mereka," kata sang ibu.

Ia menambahkan bahwa saat putrinya lahir, dokter menggambarkan masa depan yang suram. Kate tak akan bisa belajar membaca, berbicaranya terbatas, dan tak akan bisa melakukan percakapan penuh.

Karena itu, saat putrinya tumbuh ia tak pernah memaksakan putrinya itu untuk tumbuh menjadi apa yang tidak diinginkan oleh Kate.

"Ketika pada usia 13 tahun ia ingin menjadi model, kami tak meremehkannya hanya karena ia menderita down syndrome. Dan ia membuktikannya kini," pungkas sang ibu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.