Sukses

Ingin Menghemat Tagihan Listrik di Rumah? Lakukan Trik Mudah Ini

Liputan6.com, Jakarta Listrik menjadi salah satu kebutuhan paling vital untuk menyokong aktivitas sehari-hari. Tak hanya lampu berbagai hal lain juga membutuhkan aliran listrik seperti mengisi daya baterai smartphone, mencuci baju dengan mesin cuci, menyalahkan pendingin ruangan, dan lainnya.

Ya, saat ini hampir semua peralatan yang membantu pekerjaan rumah tangga, menggunakan listrik sebagai sumber dayanya. Sayangnya, penggunaannya yang berlebih bisa menyebabkan tagihannya membengkak.

Padahal tentu masih banyak kebutuhan lain yang juga harus dipenuhi. Oleh karena itu ada baiknya kalian menggunakan energi listrik yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.

Namun tentu tak sedikit dari kalian yang masih bingung bagaimana caranya untuk menghemat listrik. Tapi kalian tak perlu khawatir, berikut ini trik mudah yang bisa kalian lakukan untuk meminimalisir tagihan listrik di rumah, apa saja?

2 dari 5 halaman

Pilih Peralatan Rumah Tangga yang Hemat Energi

Hal pertama yang perlu kalian lakukan sebelum membeli peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik sebagai sumber daya utamanya, pastikan kalian mengecek seberapa besar alat tersebut mengonsumsi energi di rumahmu.

3 dari 5 halaman

Gunakan Lampu LED

Tak hanya peralatan rumah tangga, pastikan juga kalian memilih lampu LED karena akan menghemat konsumsi daya listrik sebesar 80-90%.

4 dari 5 halaman

Ganti AC dengan Kipas

Menggunakan AC tentunya akan meningkatkan konsumsi daya listrik di rumahmu. Oleh karena itu, usahakan menggunakan kipas angin agar menghemat penggunaan listrik.

5 dari 5 halaman

Gunakan Kulkas dengan Efisien

Kebanyakan dari kalian pasti memiliki kulkas untuk menyimpan berbagai macam makanan, pastikan kamu menggunakannya secara efektif. Ada baiknya kalian mengisi penuh kulkas sehingga tidak membuang energi listrik secara cuma-cuma. Nah itu dia deretan hal sederhana yang bisa kalian lakukan untuk meminimalisir tagihan listrik di rumah, silahkan mencoba!

Reporter: Weni Arfiyani

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: