Sukses

Masih Misteri, Ini 7 Fenomena Langit yang Belum Terpecahkan

Liputan6.com, Jakarta - Seperti halnya lautan yang luas, langit juga diselimuti banyak misteri. Dari yang masuk akal hingga terkesan di luar logika, langit memiliki semua hal itu.

Banyak sekali fenomena langit yang dikatakan sebagai misteri, karena belum dapat dijelaskan secara keilmuan. Hal ini yang membuat terkadang fenomena tersebut dihubung-hubungkan oleh hal-hal takhayul oleh masyarakat. Lantas apa sajakah fenomena tersebut? Berikut ulasannya.

1. Cahaya Marfa

Fenomena ini diketahui pertama kali di wilayah Marfa, Texas, pada tahun 1957. Sebuah fenomena kala itu membuat geger, dimana sebuah cahaya berbentuk bulat, terlihat mengapung di udara. Sampai sekarang, jika kamu berkunjung ke sana, kamu masih dapat menemukan dan melihat langsung cahaya tersebut.

Meski begitu, sebenarnya laporan mengenai hal ini sudah ada sejak puluhan tahun sebelumnya. Namun, belum sempat dipublikasikan. Beberapa ilmuwan kemudian menyimpulkan dengan beberapa teori dari mulai indikasi gas rawa, akibat pembalikan temperatur, dan yang paling ekstrem adalah penampakan UFO. Namun, semua itu tak dapat membuktikan kebenaran dari fenomena aneh ini.

2. St. Elmo's Fire

Menurut sebuah mitos dari para pelaut, St Elmo's Fire merupakan pertanda keberuntungan dan kebaikan. Penampakannya seperti percikan kilat kecil di ujung tiang kapal pada malam hari, namun anehnya tidak membakar apapun.

Hal ini juga kerap terjadi di depan pesawat yang tengah terbang, dan tak jarang itu terjadi di dalam ruang kokpit langsung. Menurut para ilmuwan, ini adalah sebuah kilauan plasma, yang terbentuk oleh medan listrik yang memecahkan molekul udara. Namun, karena belum adanya penelitian langsung, teori ini masih belum dapat dipastikan, mengingat kemunculan fenomena ini cukup langka.

1 dari 4 halaman

3. Upward Lightning

Upward Lightning, pertama kali ditemukan oleh Karl McEachron dari General Electric Company yang kala itu tengah merekam aktifitas kilat di atas gedung Empire State, New York, pada tahun 1935.

Tiba-tiba, dari banyaknya petir, ia menemukan sebuah petir yang terlihat janggal, dimana petir tersebut menyambar ke atas, bukan ke bawah. Lantas, hal ini membuat para ilmuwan akhirnya mengetahui bahwa 1 dari 1000 petir, ternyata menyambar ke atas. Namun, belum diketahui penyebabnya mengapa fenomena tersebut terjadi.

4. Skyquake

Gempa langit, begitu sebutannya, merupakan fenomena yang hingga sekarang masih terus diperbincangkan dan diperdebatkan. Dimana, tiba-tiba, langit mengeluarkan bunyi yang sangat keras ke arah Bumi, seakan sedang terjadi gempa di langit.

Beberapa orang percaya, ini adalah bukti akan kenyataan bahwa makhluk ekstra-terestrial atau alien. Namun, beberapa ilmuwan menyangkal, dan lebih percaya terhadap teori gelombang radio dan aktivitas matahari. Namun, hingga hari ini, semua itu masih belum dapat diungkap.

2 dari 4 halaman

5. Suara Terompet Sangkakala

Fenomena beberapa tahun lalu yang sempat membuat geger dunia melalui sebuah video di YouTube, yang menunjukkan tiba-tiba langit mengeluarkan suara seperti terompet purbakala. Tapi, video viral tersebut akhirnya dibuktikan, merupakan HOAX belaka.

Namun, fenomena suara terompet langit memang benar adanya. Melihat sebelum fenomena ini merebak ke permukaan, pernah ada laporan mengenai kejadian serupa. Fenomena ini sering dihubungkan dengan Skyquake, tapi suara yang dihasilkan dari keduanya sangatlah berbeda.

Banyak yang mengatakan suara terompet dihasilkan dari sebuah alat rahasia milik badan intelijen suatu negara. Namun, akhirnya fenomena ini tak pernah terpecahkan.

6. Solid Light

Bentuknya seperti cahaya yang menyorot ke arah artis yang berada di atas panggung. Inilah asal muasal mengapa UFO dikatakan mengeluarkan cahaya seperti sebuah lampu sorot panggung pertunjukan.

Fenomena ini amat sangat langka dan tak ada yang tahu pasti apa penyebab cahaya tersebut. Karena orang pada zaman dahulu beranggapan bahwa cahaya tersebut berasal dari satu sumber layaknya lampu pementasan, 'piring terbang' akhirnya dijadikan tersangka. Padahal, UFO dan solid light adalah kedua fenomena yang berbeda.

3 dari 4 halaman

7. UFO

Fenomena paling misterius di langit, apa lagi kalau bukan mengenai objek terbang yang tidak teridentifikasi atau UFO. Merebak saat terjadinya insiden Roswell pada masa perang dunia, UFO menjadi sebuah misteri yang tak pernah habis untuk diperbincangkan.

Sudah banyak penelitian dan teori-teori yang bertebaran, baik itu dari orang biasa maupun ilmuwan. Bahkan para ilmuwan pun menjadi terbagi akibat fenomena ini, dimana sekelompok percaya dan sebagian lagi menyangkalnya.

Memang tak bisa dipungkiri, meski kita terus menyangkal keberadaan UFO, selalu saja ada peristiwa dan penampakan yang menyangkut hal ini. Sayangnya, hingga kini masih belum ada yang mampu membukikan kebenaran hal tersebut.

Sumber: https://jalantikus.com/gokil/fenomena-langit-paling-misterius/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Letusan Gunung Merapi Tandai Cerita Baru Penulis Keluarga Tak Kasat Mata
Artikel Selanjutnya
9 Fakta tentang Bumi yang Tidak Diajarkan di Sekolah