Sukses

Diet Udara hingga Makan Kapas, 5 Cara Ekstrem Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Biasanya, cara umum yang digunakan selain rutin berolahraga yakni menjaga pola makan atau diet.

Diet sendiri juga punya berbagai cara dan pola. Namun agar sukses mengurangi berat badan, setiap orang perlu komitmen.

Namun, di antara banyaknya diet ada pula yang menawarkan turun badan secara drastis. Meski pola diet semacam itu menggiurkan, sayangnya cara tersebut tidaklah benar karena membayakan kesehatan dan tak masuk diakal.

Penasaran diet apa saja yang ekstrem untuk kesehatan kita? berikut rangkumannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Diet udara

Diet udara terinspirasi dan didasarkan pada konsep Breatharianism yang merupakan keyakinan seseorang dapat hidup hanya pada energi dari sinar matahari dan udara, dan tidak membutuhkan makanan.

Diet ini bertujuan untuk mengendalikan dorongan menikmati makanan yang tidak sehat, dan melatih pikiran untuk mencapai tujuan.

Cara kerja diet ini, kapan pun kamu merasa lapar, berhentilah bergerak. Mengeluarkan energi hanya akan membuat kamu lebih lapar. Jika memungkinkan duduklah dan ambil napas panjang yang dalam melalui hidung kamu. Embuskan napas berat itu melalui mulut, lepaskan semua pikiran lapar dari otak.

Ada juga yang menjalani diet ini dengan hanya menghirup aroma makanan. Caranya, kamu harus mengelabui pikiranmu bahwa kamu sudah makan.

Namun, sebaiknya kamu tak sembarang menjalani diet ekstrem ini, karena kamu masih memerlukan asupan makanan untuk sumber tenaga.

3 dari 6 halaman

2. Diet menutup hidung

Selanjutnya adalah jenis diet ekstrem menutup hidung. Cara diet ini kebalikan dari diet udara. Saat melakukan diet menutup hidung, kamu justru tidak boleh mencium aroma makanan yang kamu makan.

Itu bertujuan untuk menekan nafsu makan yang kemungkinan besar akan timbul dari aroma makanan yang sedang kamu makan.

 

4 dari 6 halaman

3. Diet es batu

Es batu ternyata memiliki manfaat untuk diet. Salah satu khasiat es batu untuk diet adalah mampu membuat perut terasa kenyang tanpa asupan kalori yang berlebihan.

Caranya, kamu bisa mengkonsumsi es batu sebelum makan. Hal ini disebabkan karena jika kita mengonsumsi es batu sebelum makan, maka nafsu makan kita akan berkurang dan kita tidak akan makan terlalu banyak. Tak hanya itu saja, mengonsumsi es batu bisa melancarkan sistem pencernaan tubuh, sehingga sangat baik untuk orang yang sedang diet.

Namun, jika dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, maka tubuh akan kekurangan nutrisi dan berdampak negatif pada kesehatan karena dehidrasi.

5 dari 6 halaman

4. Diet kapas

Merupakan salah satu metode berbahaya yang tidak dianjurkan. Diet ini dilakukan dengan mencelupkan bola kapas dalam jus dan meminumnya.

Metode ini banyak dilakukan oleh super model untuk tetap kurus, namun dilarang oleh banyak ahli lantaran efek negatif yang ditimbulkan bagi tubuh.

Para ahli memberikan peringatan bahwa menelan kapas bukanlah hal yang baik karena kapas mengandung banyak zat kimia sintetik serta serat yang tak bisa dicerna oleh tubuh.

6 dari 6 halaman

5. Diet matahari

Diet yang satu ini sama sekali tidak memperbolehkan makan dan minum. Setidaknya, dalam satu hari wanita bakal menghabiskan waktu sekitar 30 menit sebelum matahari terbit dan tenggelam. Ini sangat tidak nyaman dipandang masyarakat umum.

Menurut pernyataan dari seorang dokter, diet yang mereka lakukan tentu saja tidak efektif. Apalagi sinar matahari tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi kita. Diet ini sudah pernah memakan korban jiwa. Dia adalah wanita asal Swiss yang meninggal gara-gara menerapkan cara diet yang salah kaprah begini.

Reporter

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.