Sukses

Shirataki, Pengganti Nasi Putih yang Sedang Tren di Kalangan Pelaku Diet

Liputan6.com, Jakarta Para pelaku diet umumnya akan mengatur pola makan dengan ketat. Salah satu diet yang sering dilakukan adalah diet rendah karbohidrat. Pelaku diet ini biasanya mengganti konsumsi beras putih dengan beras merah, karena diketahui kandungan karbohidrat dalam nasi putih cukup tinggi, yaitu sekitar 40,6 gram.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang menjalani pola makan rendah kalori, ada kabar gembira nih. Terdapat sebuah beras yang hampir tidak memiliki kadar kalori di dalamnya, yakni beras shirataki.

Meskipun baru-baru ini menjadi perbincangan di dunia kuliner, faktanya nasi shirataki ini telah menjadi bagian dari diet orang Asia selama hampir 2000 tahun. Beda dari beras biasanya, beras shirataki terbuat dari iles-iles yang tumbuh di hutan.

Iles-iles adalah umbi, sayuran yang biasanya ditemui di tengah hutan. Konon, saat masa penjajahan Jepang, umbi ini biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

Beras ini sangat rendah karbohidrat dan kalori itu, karenanya dikonsumsi oleh wanita Jepang secara teratur agar tetap langsing. Selain bebas kalori, beras ini juga bebas kedelai dan bebas gluten, sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki alergi kedelai dan gluten.

Soal rasa, shirataki ini memiliki rasa yang sama dengan nasi pada umunya. Yang membedakan nasi Shirataki dengan nasi biasa, yakni teksturnya yang transparan.

 

1 dari 2 halaman

Cocok Untuk Diet

Dilansir dari pogogi.com, Beras ini terbuat dari serat yang mudah larut yang sangat penting bagi kita. Serat ini membantu membuatmu merasa kenyang, dan juga membantu pencernaan. Beras ini memperlambat proses pencernaan dan mengatur penyerapan glukosa, sehingga membuatnya bermanfaat bagi penderita diabetes. Nasi ini dasarnya dapat membantu mengontrol diabetes.

Sebelum berbentuk nasi, shirataki lebih dulu dikenal dalam bentuk mi dan sukiyaki, dengan tekstur bening, kenyal dan tawar. Nasi shirataki ini mengandung nol karbohidrat, nol kalori dan tidak mengandung lemak.

Kamu dapat menanak dan menambahkan lauk seperti nasi pada umumnya, bahkan nasi shirataki ini tidak memiliki rasa "pati" seperti nasi biasa. Kelebihan dari nasi shirataki inilah yang menjadi daya tarik di kalangan para pelaku diet.

Bagaimana, tertarik memulai diet dengan nasi shirataki?

 

Reporter: Septika Shidqiyyah

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Melody JKT48 Tidak Bisa Jauh dari Nasi Putih dan Hobi Ngemil
Artikel Selanjutnya
Trik Paling Mudah Pangkas Kalori pada Nasi Putih