Sukses

Bakso hingga Tempe, 5 Makanan Indonesia yang Dijual Mahal di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta Apa makanan di Indonesia yang paling kamu suka? Ada banyak jajan khas Indonesia yang mudah kita temukan di jalan. Sebut saja seperti bakso hingga gorengan disukai oleh oleh banyak orang.

Makanan murah meriah tak hanya mengisi perut yang kosong saja, tetapi juga terkenal lezat. Mungkin di Indonesia kamu patut bersyukur karena sejumlah makanan favoritmu mudah ditemukan sekaligus dnegan harga yang murah.

sayangnya di luar negeri hal tersebut akan jauh berbeda. Biasanya harga yang ditawarkan akan naik. Selain itu, makanan Indonesia yang kamu suka pasti juga sulit untuk ditemukan. Oleh karena itu, berikut ini merupakan lima daftar makan Indonesia yang mahal di luar negeri.

1. Bakso

 

Bakso uleg (depantura/instagram.com)

Siapa yang tidak kenal makanan dengan bentuk bulat-bulat ini. Bakso ini sangat digemari oleh negara lain, khususnya Singapura. Dengan harga jualnya yang mahal.

Bedanya, kalau di Indonesia harga satu porsi bakso dihargai sebesar Rp 10 ribu - Rp 15 ribu. Kalau di Singapura, harga satu porsi bakso dihargai sebesar SGD 5 atau setara dengan Rp 52.000.

2 dari 3 halaman

2. Mi Instan

Makanan yang satu ini pasti menjadi favorit seluruh rakyat Indonesia. Bahkan indomie sudah masuk pasar dunia dan harga sudah tidak perlu lagi diragukan mahalnya.

Jika di Indonesia harganya antara Rp 2.000-3.500 per bungkus. Beda cerita dengan negeri Sakura, Jepang. Di Tokyo, mi instan dibandrol dengan harga 85 yen atau senilai dengan Rp 11.000 ribu.

3. Tempe

 

Ilustrasi tempe. (Wikimiedia/Creative Commons)

Olahan asli Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai ini harganya bisa selangit bila dijual di luar negeri. Jika di Indonesia makanan dijual dengan harga Rp 2.000/potong, berbeda jauh jika dijual di Eropa.

Harga tempe Eropa bisa mencapai 1,8 Euro atau setara dengan Rp 30,500/potong kecilnya. Dan ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

3 dari 3 halaman

4. Nasi goreng

Makanan selanjutnya yang harga selangit jika dijual negeri orang adalah nasi goreng. Masakan yang sederhana bisa didapat dengan harga Rp 12.000 di Indonesia lengkap dengan telur serta potongan daging ayam.

Bisa jauh berbeda dengan di Amerika Serikat. Harga seporsi nasi goreng bisa mencapai USD 10 atau sekitar Rp 137.600.

5. Pisang Goreng

Makanan ini masuk dalam makanan ringan yang biasa dijual di pinggir jalan. Siapa yang menduga, di Indonesia kita bisa membeli dengan harga Rp 1.000. Namun di Eropa harga pisang goreng ini bisa membuat kantong jebol, karena dijual 5 Euro atau kurang lebih sekitar Rp 85.000.

Reporter

Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Seniman Brazil Buat Tempat Tidur Hewan dari Ban Bekas

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Tempe Diusulkan Jadi Warisan Dunia ke UNESCO
Artikel Selanjutnya
Tempe, Makanan Ajaib yang Dilupakan Bangsa Sendiri