Sukses

Diberi Sepeda oleh Jokowi, Siswa Ini Malah Menolak dan Minta...

Liputan6.com, Jakarta Dalam kunjungannya ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 1.148 siswa dari jenjang SD hingga SMA dan sederajat di SMKN 3 Kota Kupang. Mantan Gubernur DKI itu menegaskan bahwa bantuan tersebut harus digunakan sebaik-baiknya untuk keperluan sekolah.

Seperti biasa, Jokowi tak lupa membuat kuis dengan hadiah sepeda. Beberapa orang siswa berebut maju ke depan agar bisa menjawab pertanyaan dari Jokowi dan memboyong pulang sepeda.

Namun, ada kejadian menarik saat salah satu siswa tunanetra bernama Ade dengan berani menolak sepeda pemberian orang nomor 1 di Republik Indonesia itu. Dengan bantuan Paspamres, remaja berseragam SMA itu maju ke atas panggung dan fasih melafalkan Pancasila atas permintaan Jokowi.

Setelah selesai, siswa bernama lengkap Andreas Saingo itu malah senyum-senyum di samping Presiden Jokowi. Sikapnya tersebut memancing pertanyaan dari mantan Wali Kota Solo tersebut.

 

"Kenapa senyum-senyum? Minta Sepeda?"

"Tidak, Pak."

"Lho, kenapa?"

"Ditukar saja," katanya.

"Ditukar apa?"

"Laptop saja."

 

 

1 dari 3 halaman

Tanggapan Jokowi

Momen tersebut turut dibagikan Jokowi dalam akun Facebooknya. Menurut Beliau, Ade adalah seorang pelajar yang memiliki semangat belajar tinggi.

Sepulang sekolah, remaja itu masih belajar lagi di rumah selama dua jam, meski ia seorang penyandang tunanetra. Jokowi pun kemudian berjanji akan memberikan laptop untuk remaja itu.

"Ya sudah, saya beri laptop untuk Ade. Karena enggak bawa laptop, nanti saya antar ke rumah atau ke sekolah. Paling lama besok sudah sampai pasti," ujar Jokowi.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam acara tersebut adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

2 dari 3 halaman

Respon Warganet

Warganet menyambut positif kunjungan Presiden Jokowi ke pulau paling selatan di Indonesia itu. Bahkan, warga setempat merasa bangga karena baru Jokowilah presiden yang mendatangi Pulau Rote.

"Bersyukur skli eee....pemimpin kita yg ke 7 bisa dtg berbincang2 dng kita di NTT...kagum pribdimu bpk....salut terbaik 100% slm hormt buat bpk"bersama rombongan .....GBU TO FOREVER AND FAMILY," tulis akun Mariam Nara.

"Makasih pak joko wi ...semoga selalu jadi bagian kami ...teruskan perjuanganmu," tulis akun Om Gondol.

"Sukses buat pak presiden... Dn sukses jugk buat ade smuga jadi pelajar cemerlang aamiinn," tulis Noer Kasih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Jokowi Bangun 7 Bendungan Senilai Rp 5,9 Triliun di NTT
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Saya Sudah Lengkap Melihat Indonesia dari Ujung ke Ujung