Sukses

Ini Bahayanya Kalau Kebiasaan Bawa Ponsel ke Toilet

Bawa ponsel ke toilet bisa menghilangkan jenuh dan mengalihkan pikiran. Sayangnya, hal ini justru tidak baik untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Membawa ponsel saat ke toilet memang lumrah dilakukan banyak orang. Selain untuk menghabiskan waktu di dalam toilet, biasanya kita juga menggunakannya untuk bermain gim maupun media sosial. Namun nyatanya, membawa ponsel ke toilet bisa mengganggu kesehatan kita lho.

Ponsel memang menjadi salah satu barang yang selalu kita pegang di mana pun dan kapan pun. Rata-rata setiap orang menyentuh ponsel lebih dari dua ribu kali dalam sehari.

Data penelitian Universitas Arizona menyebutkan bahwa ponsel dapat membawa sepuluh kali lipat bakteri daripada dudukan pada toilet. Hal ini dapat menjadi lebih buruk jika kamu membawa ponsel ke dalam toilet.

"Di toilet terdiri dari berbagai macam bakteri, mulai dari alat menyiramnya, pegangan pintu, sampai dengan dudukan toilet," ujar Jamin Brahmbhatt, MD, urolog di Orlando Health Florida, melansir Health, Jumat (27/10/2017).

Kuman, bakteri, dan virus tidak hanya terdapat pada ponsel yang kamu bawa. Mereka juga bisa tersebar sampai ke tangan ketika kamu mengetik ataupun bermain dengan ponsel. "Kamu mungkin mencuci tanganmu sampai bersih setelah dari toilet, tapi apakah kamu akan membersihan ponselmu juga?" tambah Jamin.

Tentu saja kandungan kuman, bakteri, dan virus akan semakin lama menumpuk. Walaupun begitu, risiko terkena banyak penyakit tidak terlalu tinggi. Beberapa penyakit yang bisa terjadi seperti sakit perut dan diare, itu muncul dari bakteri E coli.

Agar terhindar dari penyakit tersebut, kamu hanya perlu mencuci tangan setelah dari toilet dan jangan coba-coba menyentuh ponsel saat di toilet. Selain itu, kamu dapat menyemprotkan cairan antiseptik pada layar kaca ponsel atau bisa juga sejenis pembersih layar untuk ponsel.

(Ai/Ul) 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.