Sukses

Pria Ini Tanam Pohon Selama 37 Tahun Agar Pulau Tidak Tenggelam

Liputan6.com, Jakarta Hal kecil sekalipun punya dampak yang besar untuk lingkungan. Mungkin kalimat tersebut sering kita dengar sebagai dorongan untuk mulai menjaga kelestarian lingkungan. Jika kamu perlu cerita untuk membuktikan kalimat tersebut, maka kamu harus mengenal Jadav Payeng, seorang pria dari Pulau Majuli di India. 

Melansir Newsner, Kamis (19/10/2017), salah satu wilayah di Pulau Majuli, terdapat dataran tandus yang mulanya merupakan tanah subur bagi kehidupan margasatwa di sana. Karena penebangan liar, dataran berubah menjadi tanah yang kering dan tandus.

Source: Carlo Bevilacqua via photoshelter.com

Selain itu muncul masalah lainnya seperti penyusutan tanah akibat erosi dari banjir sungai Brahmaputra di Pulau Majuli. Jika terus dibiarkan hal ini dapat membuat pulau yang menjadi tempat tinggalnya dapat perlahan-lahan lenyap karena tenggelam.

"Aku bertanya kepada para tetua, apa yang akan kita lakukan kalau kita mati suatu hari nanti. Mereka hanya tertawa namun aku tahu apa yang harus aku lakukan yakni membuat tanah kita menjadi lebih hijau," ujar Jadav mengutip The Better India.

Source: http://assamportal.com

Para tetua yang menjelaskan kepadanya arti tentang rumah baru dan menanam kembali hutan, menggerakkan hatinya untuk melakukan hal tersebut. Pada awalnya, tidak pernah ada yang tahu mengapa setiap harinya Jadav pergi ke dataran tandus di Pulau Majuli. Kegiatan yang Jadav lakukan ternyata hanya untuk menanam pohon di sana. Hal ini terus ia lakukan sehingga menjadi sebuah rutinitas.

Pulau Majuli . Source: http://images.indianexpress.com

Kegiatan rutin yang ia lakukan selama 37 tahun tersebut berhasil manis. Ia mampu membuat lahan tandus berubah menjadi hutan yang ukurannya hampir dua kali ukuran taman Central Park di New York. Selain mengembalikan fungsi hutan, banyak vegetasi hewan lainnya seperti gajah, harimau, dan rusa juga kembali ke tempat hutan seperti sedia kala.

Berkat jasanya, Jadev disebut sebagai 'Forest Man' dari India, bahkan saat ini Pulau Majuli yang pernah terancam tenggelam kini kembali menjadi surga tropis di India.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: