Sukses

Sinergi Indonesia Hebat, Mengenal Pertamina Lebih Dalam

Finalis CJA Jakarta diajak kenali Pertamina lebih dalam pada acara IBD Expo 2017

Liputan6.com, Jakarta Indonesian Bussiness and Development Expo, kembali digelar oleh Kementerian BUMN dengan mengusung tema Sinergi Indonesia Hebat. Acara ini berlangsung selama empat hari, terhitung dari 20-23 September 2017 di Jakarta Convention Center, Senayan.

Sekitar 700 booth disediakan untuk para pengunjung, agar lebih memahami tentang bisinis yang berlabelkan BUMN, BUMD hingga delegasi bisnis negara lainnya. Antusiasme pengunjung terlihat di setiap booth yang telah disediakan, mereka berlomba untuk mencari tahu mengenai informasi mengenai bisnis yang berlabelkan BUMN ini.

Pertamina, sebagai salah satu BUMN yang bergerak dalam bidang energi, turut andil mejadi bagian dalam acara ini. Talkshow yang dimoderatori oleh Ryan Wiedaryanto, tampak memikat mata pengunjung untuk mengunjungi booth ini.

Dengan pembicara, Adiatama Sardijto dan Devy Suradji yang menyinggung sedikit mengenai Program BBM Satu Harga. Tidak kalah menarik, ketika Maudy Ayunda sebagai penyanyi dan penggiat sosial ikut andil dalam talkshow yang bertemakan Sinergi Untuk Indonesia. Ia mengaku bahwa, peduli terhadap lingkungan sekitar itu penting, dengan peduli terhadap sekitar tentu ada hal kecil yang dapat diberikan untuk negara ini.

Dalam kesempatan lain, Asri Nur Aini selaku Community Development Pertamina Lubricants Production Unit Cilacap memberikan informasi mengenai Pertamina Lubricants. Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina Persero yang mulai berkembang sejak 4 tahun silam.

Dalam programnya, ada suatu pelatihan otomotif dan kewirausahaan yang dikhususkan untuk lulusan SMK Otomotif. Asri mengaku bahwa hal yang melatarbelakangi pelatihan ini adalah tingginya angka pengangguran dari lulusan SMK yang notabenenya merupakan anak nelayan dan petani.

Dalam pelatihan ini, mereka akan dibina dan diasah kemampuannya hingga menjadi entrepreneur dengan bantuan mahasiswa di salah satu universitas yang menjadi pelatih mereka. Setelah pelatihan, mereka akan mengikuti magang di bengkel selama 50 hari dan diakhiri dengan penilaian yang nantinya akan dilakukan tahap wawancara untuk mereka yang ingin membuka usaha bengkel dan diberikan modal berupa peralatan.

“Dari yang tadinya gak bisa apa-apa, sekarang bisa. Yang sebelumnya ‘0’ sekarang punya bengekel sendiri dan pendapatannya sendiri. Walaupun hanya mendapatkan 500.000 saja, menurut kami ini sudah lumayan. Mereka bisa membantu orangtuanya dari penghasilan tersebut” ujar Asri Nur Aini saat ditemui di booth Pertamina, Rabu sore (20/09/2017).

 

Penulis:

Witri Nasuha - Politeknik Negeri Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy- Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.