Sukses

Ledakan Penduduk Ancam Kesejahteraan Warga Jakarta

Dampak ledakan penduduk Indonesia dan Jakarta saat ini memang bikin miris.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya jumlah penduduk Indonesia bertambah 4,5 juta jiwa. Sementara, posisi Jakarta sebagai tujuan favorit kaum urban masih tak tergoyahkan.

Dampak ledakan penduduk Indonesia dan Jakarta saat ini memang bikin miris. Selain kemacetan yang semakin menjadi-jadi, kasus kejahatan dan kekerasan di ibu kota juga tak terelakan.

Statistik pemerintah Jakarta menunjukkan, jumah penduduk yang resmi pada tahun 2017 sudah melewati 10 juta. Pada 2012, jumlah penduduk Jakarta tercatat 9,7 juta jiwa. Tahun 2016 menjadi 10,3 juta jiwa.

Jumlah ini tampaknya bakal terus melonjak karena harapan masyarakat kepada Jakarta sebagai gerbang menuju kehidupan lebih baik masih tinggi. Meski dalam skala lebih kecil, kenaikan jumlah penduduk yang signifikan juga akan terjadi di kota besar lain seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Makassar.1

Kehidupan yang makin keras di Jakarta pada dasarnya terkait erat dengan kesenjangan yang melebar antara kemampuan kota memasok kebutuhan hidup sehari hari. Di antaranya, yang paling mencolok, adalah ketimpangan antara pasok listrik dan air bersih, pembuangan sampah, ruang terbuka hijau, dan transportasi umum dengan kebutuhan masyarakat.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah mengingatkan bahwa ketimpangan tersebut, bila jumlah penduduk terus meroket, akan membuat Indonesia terperangkap krisis pangan dan energi.

Dunia bawah tanah pun makin sulit dikendalikan karena persaingan makin ketat untuk memperebutkan sumber nafkah yang legal. Banyak harta dan nyawa telah melayang akibat maraknya kejahatan jalanan dan yang terorganisasi.

Selain itu, para penjahat juga ahli dalam memanfaatkan kawasan padat penduduk untuk melakukan transaksi illegal, dan menyembunyikan barang-barang hasil kejahatan. Mereka memanfaatkan orang kalangan bawah sebagai kaki tangan untuk melakukan berbagai pekerjaan seperti mengecoh para penegak hukum.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini