Sukses

Alat Canggih Ini Selamatkan Nyawa Para Pesepeda, Seperti Apa?

Sebuah alat mampu mendeteksi kecepatan para pengendara sepeda dan memberitahu hal yang harus dilakukan agar dapat mengejar lampu hijau

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah terobosan baru hadir di Utrecht, Belanda. Dengan 5 juta orang yang menggunakan sepeda setiap harinya, memicu Springlab untuk membuat Flo, alat yang membantu pesepeda untuk melaju melewati lampu hijau.

“Bersepeda tidak selalu menyenangkan di semua tempat, karena frustasi akan lampu lalu lintas saat Anda bersepeda di tengah kota dapat membuat kepala Anda sakit,” ujar Jan-Paul de Beer, Kepala dari Springlab, dilansir dari ZoominTV.

Flo menyelamatkan nyawa banyak orang dengan memastikan pesepeda melewati persimpangan berbahaya sebelum lampu hijau kendaraan menyala. Di kota tersebut, masyarakat lebih menyukai sepeda daripada mobil. Di jalan, sepeda memiliki prioritas, sedangkan mobil adalah “tamu."

“Ini adalah persimpangan yang sangat sibuk, terutama pada pagi dan sore hari ketika saya bersepeda untuk pulang. Dengan pemberitahuan di Flo, saya jadi mengerti jika saya harus mengayuh lebih cepat atau lebih lambat,” ujar salah satu pesepeda yang memanfaatkan Flo.

 

Dengan alat tersebut, kemungkinan untuk terjadinya kecelakaan bagi pengendara sepeda jadi menurun. Alat ini mampu mendeteksi kecepatan sepeda kita dan memberikan petunjuk sehingga kita dengan mudah mengetahui seberapa besar peluang kita dalam mengejar lampu hijau.

Jika terlalu lamban, akan muncul kelinci pada layar. Jika terlalu cepat, maka akan muncul kura-kura. Jika sebuah jempol muncul, maka kecepatan kita sudah tepat. Namun, bila tidak memungkinkan bagi kita untuk mengejar lampu hijau, maka akan muncul seekor sapi, yang menggambarkan sekelompok ternak yang menghalangi lalu lintas di pedesaan. Menarik, ya.

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.