Sukses

5 Alasan K-drama Lebih Diminati daripada Sinetron Indonesia

Mengapa drama Korea lebih banyak dilirik ketimbang sinetron Indonesia saat ini?

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini mulai banyak yang terkena K-drama fever atau lebih dikenal dengan demam drama Korea. Namun, sebenarnya drama Korea sudah mulai digemari sejak lama. Bahkan, sudah ada penggemarnya tersendiri.

Sejak drama Boys Before Flowers, Descendent of The Sun, hingga yang terbaru yaitu Goblin, semakin banyak pula yang menggemari drama Korea. Nah, mengapa drama Korea lebih banyak dilirik ketimbang sinetron Indonesia saat ini?

1. Jumlah episode yang singkat

Jumlah episode dalam sebuah drama Korea memang bekisar antara 16 hingga 20 episode. Namun, jika drama tersebut mengangkat tema historical ataupun kerajaan, jumlahnya bisa mencapai 60 episode. Hal ini tentu saja berbeda dengan jumlah episode sinetron yang ada di Indonesia, karena tidak mengubah plot cerita yang sudah ada. Meskipun rating yang diperoleh tinggi atau pun rendah jumlah episode tak akan berganti.

2. Mengangkat nilai budaya dan nilai positif

Sudah banyak drama Korea yang mengangkat kebudayaan mereka, terutama pada nilai sejarahnya. Dalam drama kolosal yang bercerita mengenai kerajaan pastilah kita pun akan larut dalam cerita tersebut. Dari cara berpakaian, musik hingga tarian tradisional pun turut diangkat dalam sebuah drama tersebut.

Untuk drama Korea modern pastinya mengangkat mengenai kuliner yang ada di Korea serta tempat wisata. Terbukti pula saat ini di Indonesia mulai bermunculan restoran yang mengusung tema serta menu dari Negeri Ginseng tersebut.

3. Biaya produksi maksimal

Banyak drama Korea yang mengambil tempat syuting di luar Korea. Tentunya akan berpengaruh pada biaya produksi yang ada. Biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan drama tidak tanggung-tanggung. Bahkan salah satu adegan dalam drama Descendent of The Sun pun mengambil gambar di Pantai Navagia, Yunani. Hal tersebut tentunya berpengaruh dalam biaya produksi.

4. Ide cerita yang tak terduga

Ide cerita dalam sebuah drama pun berpengaruh. Banyak dari drama Korea mengangkat hal-hal tak biasa, meskipun tetap ada kisah percintaan. Namun, tetap saja ide dari drama Korea banyak yang menarik untuk diikuti.

5. Soundtrack yang sesuai

Sebuah lagu dalam dalam drama tentunya mempengaruhi emosional dari penonton. Dan lagu-lagu dalam drama korea pun tidak sembarangan dibuatnya. Beberapa soundtrack dalam drama Korea tersebut dapat selalu diingat. Sehingga apabila mendengar soundtrack tersebut pastilah dapat menebak judul dari drama Korea.

(na)

Penulis:

Novita Ayuningtyas
STMM “MMTC” Yogyakarta

5 Alasan Kenapa Drama Korea Lebih Diminati daripada Sinetron

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drama korea atau sering disingkat drakor di Indonesia, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drama Korea

  • korea