Sukses

Ini Kerjaan Lama Para Pemimpin di Dunia Sebelum Menjabat

Pemimpin negara juga manusia biasa. Mereka memiliki masa lalu yang tidak semudah di masa sekarang.

Liputan6.com, Jakarta Pemimpin negara juga manusia biasa. Mereka memiliki masa lalu yang tidak semudah di masa sekarang. Sebelum menjabat sebagai penguasa di suatu negara, tentu saja mereka memiliki pekerjaan lainnya. Entah itu sebagai gubernur (seperti Presiden Indonesia), perdana menteri, atau pekerjaan lain yang tidak ada hubungannya dengan politik. Seperti beberapa pekerjaan “unik” pemimpin negara berikut ini.

1. Presiden Turkmenistan

Sebelum tahun 2006, Turkmenistan dikuasai oleh diktator Saparmurat Niyazov. Di balik kepemimpinannya yang tegas, ternyata Saparmurat memiliki satu orang kepercayaan. Dia adalah Gurbanguli Berdymukhamedov yang bekerja sebagai dokter gigi presiden.

Di bawah kekuasaan Saparmurat, Gurbanguli melalui lonjakan karier yang drastis. Selepas menjadi dokter gigi, Gurbanguli diangkat sebagai Menteri Kesehatan. Tak sampai di situ saja, pria yang kini berusia 59 tahun tersebut dinaikkan lagi jabatannya menjadi Wakil Perdana Menteri.

Tingginya kepercayaan Saparmurat terhadap Gurbanguli kembali dibuktikan setelah kematian diktator tersebut pada 2006. Gurbanguli mengambil alih kekuasaan Turkmenistan dan kini ia menjabat sebagai presiden.

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini