Sukses

Aksi Unik 50 Orang untuk Hidupkan Kebiasaan Membaca

Citizen6, China Membaca memang suatu kegiatan yang mengasyikkan bagi sebagian orang tertentu. Bahkan, membaca dijadikan sebagai suatu kebutuhan pokok bagi mereka. Namun bagi segelintir orang, membaca merupakan aktivitas yang membosankan.

Di era teknologi yang semakin canggih, masyarakat kini lebih memilih memainkan gadget-nya dan berseluncur di media sosial daripada harus membaca buku. Meski ada yang masih setia dengan hobi membacanya, mereka pun lebih tertarik menggunakan aplikasi eBook untuk mempermudah meng-update buku-buku terbaru yang tengah menjadi hit dibandingkan dengan membeli buku dan terbebani ketika membawanya.

dok: CCTV/Facebook

Hal tersebut yang membuat sekelompok orang di China berinisiatif untuk menghidupkan kembali kebiasaan membaca di kalangan masyarakat ketika berada di transportasi publik. Dilansir CCTV News, Rabu (20/1/2016), lebih dari 50 orang tiba-tiba memenuhi gerbong kereta bawah tanah Beijing dan beraksi dengan membaca berbagai buku secara bersamaan.

dok: CCTV/Facebook

Mereka terlihat membaca buku dengan tenang selama 30 menit selama dua kali dalam sehari, sekitar pukul 07.00 dan 19.00 waktu setempat. Aksi ini mendadak sontak menjadi perhatian para pengguna kereta. Publik merasa heran dan tak menyangka akan melihat pemandangan langka tersebut.

dok: CCTV/Facebook

Menurut survei Membaca Nasional pada April 2015, minat membaca orang-orang di China kini menurun. Mereka kini menghabiskan sekitar 13 menit untuk membaca setiap hari dibandingkan dengan berjejaring sosial selama satu jam.

Nah, bagaimana dengan kamu. Kapan terakhir kamu membaca buku?

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6