Sukses

Canggih, Tato Ini Bisa Pantau Kesehatan Lewat Keringat

Secara normal, seseorang bisa memantau kesehatan dengan cara memeriksakan diri ke dokter atau medical check up.

Citizen6, Jakarta Secara normal, seseorang bisa memantau kesehatan dengan cara memeriksakan diri ke dokter atau medical check up. Melalui hasil pemeriksaan, kesehatan seseorang bisa dijaga. Jika sakit maka dokter akan memberikan obat yang pas untuk mengobatinya.

Namun, sayangnya cara seperti itu kurang praktis. Kebiasaan orang Indonesia tidak akan memeriksakan diri ke dokter sebelum jatuh sakit membuat metode tersebut tak lagi efektif. Kini, seseorang tak perlu khawatir lagi, cukup dengan memasang tato, Anda bisa memantau kesehatan secara realtime.

Tim peneliti dari University of California San Diego, Amerika Serikat, telah mengeksplorasi tato jenis baru yang dapat memonitor jumlah keringat seseorang. Tato ini bisa memantau kesehatan lewat keringat dari tubuhnya.

Tato kontemporer tersebut memiliki sensor pada permukaan kulit dan berfungsi sebagai pendeteksi keringat. Dalam jurnal Analytical Chemistry dijelaskan bahwa tato yang berbentuk strip tipis ini dapat melacak keseimbangan kandungan kimia.

Alat ajaib ini diklaim sangat cocok bagi para atlet untuk mengukur sejauh mana aktivitas fisiknya dan memantau kesehatan metabolismenya. Cara kerja alat ini berdasarkan kandungan cairan laktat yang terdapat dalam keringat seseorang. Selengkapnya bisa Anda baca di sini. (ul)

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini