Sukses

Nikmatnya Toge Goreng `Mang Gebro` di Bogor

Toge goreng adalah sebuah hidangan dengan potongan lontong, mie telor kuning, irisan tahu goreng, dan toge rebus tentunya.

Citizen6, Jakarta Bogor si `Kota Hujan`memiliki lingkungan yang masih asri dengan banyak pepohonan rindang serta bangunan bernuansa tempo doeloe. Bukan hanya nuansanya yang menyejukkan hati, kuliner yang tersedia di kota ini juga dapat memanjakan lidah Anda.

Salah satu makanan khas Bogor yang sangat cocok untuk disantap hangat-hangat selagi menikmati dinginnya hujan adalah toge goreng. Meskipun disebut sebagai `toge goreng` sebenarnya masakan ini tidak digoreng, melainkan di rebus.

Toge goreng adalah sebuah hidangan yang terdiri dari potongan lontong, mie telor kuning, irisan tahu goreng, dan toge rebus tentunya. Campuran ini kemudian di siram dengan bumbu hangat berbahan dasar tauco dan oncom dengan sensasi rasa manis dan asin yang unik serta kecap manis sebagai tambahan yang menambah kenikmatan toge goreng tersebut.

Di Bogor, ada beberapa penjual toge goreng yang legendaris dengan kekhasan masakannya. Salah satunya toge goreng Mang Gebro yang sudah dikelola secara turun temurun sejak tahun 1967.

Ketika saya mencoba memanggil penjual toge goreng tersebut dengan sebutan `Mang Gebro`, beliau menjelaskan bahwa `Gebro` bukanlah namanya. Nama `Gebro` yang berarti berlimpah, di berikan oleh para pelanggan karena beliau selalu memberikan toge goreng dengan porsi yang berlimpah dan tidak pernah mengurangi jumlah porsi toge gorengnya meskipun saat pelanggan sedang ramai.

Beliau juga mengatakan bahwa saat ini, warung toge goreng yang berpusat di Jalan Dewi Sartika (Pasar Anyar) ini telah memiliki beberapa cabang di kota bogor yang dikelola oleh anaknya.

Harga yang ditawarkan oleh `Pak Gebro` juga tidak terbilang tinggi, untuk sepiring toge goreng berukuran `Gebro` beliau hanya mematok harga 8000 rupiah.

Jika Anda mengunjungi kota Bogor, jangan melewatkan kuliner tradisional tapi menggiurkan satu ini.

Penulis:

Angel Sung

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini