Sukses

Banjir Mainan di Museum Anak Kolong Tangga

Citizen6, Jakarta Anak-anak jaman sekarang banyak yang tidak megenal mainan tradisional terutama yang tinggal di kota besar. Anak-anak sekarang lebih memilih untuk menghabiskan waktu menonton televisi dan bermain gadget.

Mainan tradisional sudah sulit untuk ditemui bahkan sudah jarang sekali yang memainkannya. Namun Museum Anak Kolong Tangga Yogyakarta masih melestarikan mainan tradisional dari belahan dunia.

Museum Anak Kolong Tangga merupakan museum mainan anak pertama di Indonesia. Museum ini persisnya terletak di bawah tangga, gedung Concert Hall lantai dua, Taman Budaya Yogyakarta.

Museum ini diprakarsai oleh Rudi Corens, seniman berkebangsaan Belgia, di bantu teman-temannya antara lain Diyan Anggraeni (Dinas Kebudayaan) dan Anggi Minarni (Karta Pustaka). Museum dengan nama kolong tangga diambil dari posisinya yang strategis tersebut yaitu terletak diantara tangga bawah pintu, tempat masuk penonton gedung pertunjukan.

Museum yang berdiri sejak Februari 2008 ini berawal dari satu kekhawatiran terhadap anak-anak dan remaja yang cenderung melupakan budaya dan tradisi mereka sendiri di era globalisasi.

Saat ini museum anak kolong tangga memiliki 9000 koleksi yang terdiri dari mainan , buku cerita, poster, gambar, komik dan foto tentang dunia anak terbitan lama dari lima benua yaitu Asia, Amerika, Afrikia, Australia dan Eropa.

Museum anak kolong tangga menyajikan tata ruang yang unik, museum ini memanfaatkan ruangan yang relatif sempit yang ada dikolong tangga gedung pertunjukan. Interior yang disajikan membuat anak-anak nyaman dan senang karena dinding dan display museum dipenuhi dengan gambar-gambar bernuansa anak.

Pengunjung dapat menemukan berbagai koleksi jenis mainan mulai dari boneka-boneka kayu dan plastik, berbagai miniatur mobil, vespa, sepeda dan truk dari kayu, berbentuk celengan dari gerabah, kuda-kudaan, miniatur rumah-rumahan, gasing, topeng, kuda kepang yang terbuat dari anyamn bambu.

Bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan mainan tradisional bisa datang ke Museum Anak Kolong Tangga yang berlokasi di Taman Budaya Jalan Sriwedari, Yogyakarta. Museum ini buka setiap hari, Senin-Jumat buka pukul 09.00 - 13.00 WIB, dan setiap weekend buka pukul 09.00 - 16.00.

Baca juga:

Bandung Trendsetter Jajanan di Indonesia

Ooo, Pak Menteri Ketahuan Follow Akun Porno di Twitter!

Rumah Kain Tradisional Indonesia di Museum Tekstil

`Museum di Tengah Kebun` Koleksi 4000 Benda Seni



Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.