Sukses

TikTok Jadi Bahan Hoaks Pembagian Uang hingga Jutaan Rupiah, Simak Kumpulannya

Berikut kumpulan hoaks pembagian uang yang mencatut TikTok.

Liputan6.com, Jakarta - TikTok menjadi salah satu media sosial yang digandrungi saat ini, sejumlah hoaks mencatut platform itupun beredar di tengah masyarakat.

Para pengguna media sosial pun harus mewaspadai hoaks yang mencatut TikTok, sebab dapat merugikan jika dipercaya. Untuk itu kita perlu mewaspadai setiap informasi yang didapat dengan memastikan kebenarannya sebelum mempercayainya.

Hoaks yang kerap mencatut TikTok adalah terkait pembagian uang, informasi palsu tersebut pun telah didapati Cek Fakta Liputan6.com setelah melakukan penelusuran.

Berikut kumpulan hoaks yang mencatut TikTok.

Video Jokowi Umumkan Pemberian Bantuan Rp 1,2 Juta dengan Cantumkan Tanda Like Akun TikTok

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumukan pemberian bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok.

Klaim Jokowi berikan bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok berupa video yang menampilkan Jokowi sedang berbicara menggunakan pengeras suara "Diberikan bantuan sebesar satu juta 200 ribu"

Dalam tayangan tersebut pun terlihat seorang yang sedang memegang sejumlah lembaran uang nominal Rp 100 ribu.

Pada tayangan tersebut terdapat tulisan "Diberikan bantuan sebesar Rp 1.200.000 bagi yang sudah ikutan cara ini"

Kemudian video tersebut menanyangkan cara untuk mendapati uang tersebut yaitu menampilkan akun TikTok bernama Bp Jokowi yang menampilkan unggahan foto Jokowi mengenakan busana adat Jawa, dalam video tersebut pun terdapat tangan yang bergerak memberikan Like dan mengarahkan untuk menyalin tautan.

Kemudian pada video berikutnya menampikan halaman yang menyatakan seorang mendapat uang.

Benarkah Jokowi berikan bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembagian Uang ke Akun TikTok Sebesar Rp 35 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pembagian uang ke akun TikTok sebesar Rp 35 juta, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan whatsApp.

Informasi klaim pembagian uang ke akun TikTok sebesar Rp 35 juta berupa pernyataan yang mengabarkan akun TikTok pihak yang mendapat pesan tersebut terpilih sebagai pemenang uang tunai sebesar Rp 35 juta.

Kemudian untuk mendapatkan hadiah pemenang tersebut diarahkan mengisi identitas seperti nama, umur, kota nomor rekening dan nama bank.

Berikut klaim pembagian uang ke akun TikTok sebesar Rp 35 juta tersebut.

 

 

<p>Penelusuran klaim pembagian uang ke akun TikTiok sebesar Rp 35 juta,</p>

 

Benarkah klaim pembagian uang ke akun TikTok sebesar Rp 35 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

TikTok Bagikan Cek Tunai Rp 75 Juta

Kabar tentang aplikasi berbagi video TikTok membagikan cek tunai sebesar Rp 75 juta beredar di media sosial. Kabar tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp.

Dalam pesan tersebut, berisi informasi bahwa penerima telah terpilih mendapatkan hadiah cek tunai Rp 75 juta dari TikTok.

"INFORMASI RESMI TIK TOK 2022

Nomor Whatsapp

Anda Terpilih

Mendapat Hadiah

*CEK TUNAI RP 75 JUTA

PIN Pemenang: KBR99D7

Untuk Info Lengkap Dan Cara Pengambilan Hadiah KLIK LINK DI BAWAH

bit.ly/Und-tiktokwins-com

----Terima kasih----," demikian isi dari pesan berantai tersebut.

Benarkah TikTok membagikan hadiah cek tunai Rp 75 juta lewat pesan berantai? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini