Sukses

Daftar Tokoh yang Dijadikan Bahan Hoaks Pembagian Uang, dari Jokowi sampai Baim wong

Berikut kumpulan daftar tokoh yang dijadikan bahan hoaks pembagian uang

Liputan6.com, Jakarta- Sejumlah tokoh dijadikan bahan hoaks pembagian uang hingga jutaan rupiah, sebaran informasi palsu tersebut tentu dapat menyesatkan masyarakat dan menimbulkan korban.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menemukan sejumlah daftar tokoh yang dijadikan bahan hoaks seputar pembagian uang, mulai dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi hingga Baim Wong.

Berikut kumpulan daftar tokoh yang dijadikan bahan hoaks pembagian uang.

Presiden Jokowi Bagikan Uang hingga Puluhan Juta Rupiah Pada Pemilik Rekening Tertentu

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Presiden Jokowi akan mentransfer uang hingga puluhan juta Rupiah untuk para pemegang rekening bank tertentu. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 13 April 2023.

Dalam unggahannya terdapat video dengan narasi

"Kalian punya buku rekening apa?

ATM BCA: 30 jt

ATM BRI: 45 jt

ATM BNI: 40 jt

ATM Mandiri: 50 jt

Saya janji TF hari ini"

Video tersebut juga menampilkan Presiden Jokowi sedang berpidato.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Presiden Jokowi akan mentransfer uang hingga puluhan juta Rupiah untuk para pemegang rekening bank tertentu? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jusuf Hamka

 Jusuf Hamka Bagikan Uang Hingga Rp 25 Juta dengan Syarat Bayar Biaya Administrasi

Beredar di media sosial postingan video pengusaha Jusuf Hamka membagikan uang hingga Rp 25 juta pada pemilik rekening tanpa diundi namun dengan biaya administrasi. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 23 Januari 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi berikut ini:

"buat yang punya buku rekening di bawah siap-siap saya transfer sekarang tanpa diundi

BCA: 10 jtBNI: 15 jtBRI: 20 jtMandiri: 25 jt

Untuk langkah selanjutnya silakan Anda tekan link dibawah ini"

Lalu benarkah postingan video pengusaha Jusuf Hamka membagikan uang hingga Rp 25 juta pada pemilik rekening tanpa diundi namun dengan biaya administrasi? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 4 halaman

Baim Wong

Hadiah Rp 25 Juta dari Baim Wong

Beredar kembali pesan berantai yang berisi program giveaway atau bagi-bagi hadiah Rp 25 juta dari Baim Wong. Pesan berantai itu marak dibagikan lagi sejak awal bulan ini.

Dalam pesan berantai yang beredar diklaim bahwa masyarakat bisa mendapatkan uang tunai sebesar Rp 25 juta. Namun masyarakat diminta menghubungi nomor tertentu.

Berikut isi pesan berantai itu selengkapnya:

"HAI BOSQUE

Info resmi No hp anda terpilih mendapat hadiah GIVEAWAY BAIM PAULA Rp.25jt dgn pin Z2RS99

Uinfo lebih lanjut silahkn chat admin kmi WA. 081247201970"

Lalu benarkah Baim Wong sedang mengadakan giveaway Rp 25 juta melalui pesan berantai? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.