Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Janjikan Hadiah Rp 25 Juta dari Baim Wong

Beredar kembali pesan berantai yang berisi program giveaway atau bagi-bagi hadiah Rp 25 juta dari Baim Wong.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kembali pesan berantai yang berisi program giveaway atau bagi-bagi hadiah Rp 25 juta dari Baim Wong. Pesan berantai itu marak dibagikan lagi sejak awal bulan ini.

Dalam pesan berantai yang beredar diklaim bahwa masyarakat bisa mendapatkan uang tunai sebesar Rp 25 juta. Namun masyarakat diminta menghubungi nomor tertentu.

Berikut isi pesan berantai itu selengkapnya:

"HAI BOSQUE

Info resmi No hp anda terpilih mendapat hadiah GIVEAWAY BAIM PAULA Rp.25jt dgn pin Z2RS99

Uinfo lebih lanjut silahkn chat admin kmi WA. 081247201970"

Lalu benarkah Baim Wong sedang mengadakan giveaway Rp 25 juta melalui pesan berantai?

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi akun resmi Baim Wong di Instagram, @baimwong yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Dalam akun tersebut Baim Wong membuat Instagram stories membantah adanya giveaway tersebut.

Demikian juga istri Baim Wong, Paula Verhoeven yang juga mengunggah stories yang sama di akunnya @paula_verhoeven.

Cek Fakta Baim Wong giveway Rp 25 juta melalui pesan berantai

Dalam stories tersebut terdapat penjelasan

"Ciri-ciri penipu mengatasnamakan Bapau

Jangan pernah memberikan informasi pribadi yang sifatnya rahasia dan penting kepada orang yang tidak dikenal.

1. Mereka mengaku dari tim Baim Wong dan Paula yang mengumumkan pemenang giveaway secara random.

2. Rekannya akan menghubungi kalian dan menginformasikan informasi yang tidak pernah Tim Bapau lakukan.

3. Mereka juga mengirimkan SMS/WA pengumuman pemenang Giveaway beserta kode, link, dan lainnya.

4. Mereka meminta foto KTP, uang, kartu debit/ATM agar dapat mencairkan giveaway dari Bapau"

Selain itu sebelumnya Liputan6.com juga pernah membuat artikel yang berkaitan yakni "Baim Wong Siapkan Langkah Hukum Bagi Pelaku Penipuan dengan Modus Bagi-Bagi Uang yang Mencatut Namanya" yang tayang 7 Juli 2021. Berikut isinya:

"Liputan6.com, Jakarta -Nama Baim Wong kembali dicatut oleh pelaku penipuan dengan modus bagi-bagi uang. Seorang warganet bercerita bahwa asisten rumah tangganya (ART) mendapat hadiah senilai ratusan juta rupiah dari Baim Wong dan Paula Verhoeven.

Bahkan, pelaku penipuan itu membuat seolah-olah Baim Wong benar-benar melakukan video call dengan korban. Dengan begitu, korban menjadi percaya bahwa ini bukan penipuan.

Ayah Kiano Tiger Wong itu kemudian mengunggah cerita penipuan yang dialami seorang ART itu ke Instagram Pribadinya pada Rabu (7/7/2021).

Ini bukan kali pertama nama Baim Wong dicatut untuk modus penipuan. Namun sepertinya saat ini Baim Wong sangat serius dalam menghadapi masalah ini.

"Ini udah keterlaluan. (Sudah Temen2 deket saya yg kasih info .. kayanya udah ga bisa diem lagi ..)," tulis Baim Wong menyertai unggahannya.

Lebih lanjut, Baim Wong meminta kepada para korban yang sudah sempat mengirim uang untuk segera melapor dan menghubunginya.

"Yang merasa udah pernah kena tipu, dan BENER2 UDAH TRANSFER (mau itu lewat sms atau apapun itu) .. Dm ke saya bersama dengan bukti2nya ya..," sambung Baim Wong.

Terakhir, Baim Wong menegaskan akan segera menindak tegas para pelaku penipuan itu. "Insyaallah kita tangkep2in .. Saya ga bisa diem lagi ..," tutup Baim Wong."

Selain itu pada akhir tahun lalu salah satu pelaku juga sudah diamankan pihak berwajib. Hal itu seperti dalam artikel Liputan6.com berjudul "Polisi Tangkap Baim Wong Palsu" yang tayang 14 Desember 2020. Berikut isinya:

"Liputan6.com, Jakarta -Polisi berhasil menangkap penipu yang kerap menggunakan nama aktor Baim Wong untuk melancarkan aksinya. Dalam aksinya, orang yang mengaku sebagai suami Paula Verhoeven itu menawarkan sejumlah hadiah kepada korban. Namun untuk bisa mendapatkannya, mereka harus mentransfer uang seperti yang diinginkan pelaku.

Kabar tersebut disampaikan artis dengan nama asli Muhammad Ibrahim melalui akun Instagramnya. Tak lupa ayah kandung Kiano Tiger Wong itu memberikan tanggapan mengenai hal tersebut.

"Banyaknya penipuan atas nama saya.. Ini salah satunya tertangkap.. Mudah-mudahan jera ya.. Inget dosa atuh," tulis Baim Wong Instagram, Minggu (13/12/2020).

Dalam setiap vlog atau pun acaranya, Baim Wong selalu mengingatkan bahwa ia tak pernah meminta uang kepada siapapun bila memberikan hadiah. Namun, masih saja ada orang yang tertipu dengan hal tersebut.

"Bingung jg krn saya sudah sering ingetin kalau saya GA PERNAH minta uang sepeserPUN bahkan sampai meminta no kartu atm kalian(kalau no rek iya..), kalau memang kalian menang acara Indonesia Giveaway, atau jg acara lainnya.." tulis Baim Wong lagi.

Di akhir tulisannya, Baim Wong mengucapkan terima kasih kepada kepolisian terutama Team Tiger yang telah berhasil menangkap pelaku penipuan yang mengatasnamakan dirinya.

"Terima kasih Team Tiger 💪(Kaya nama anak saya, Tiger Wong 😁)," tulis Baim Wong.

Tak sedikit warganet yang mengomentari unggahan Baim Wong. Bahkan ada yang memberitahu bahwa tak sedikit di media sosial yang menggunakan namanya untuk mencari keuntungan.

"Di FB banyak loh Fanpage mengatasnamakan baim wong . Ampe mereka share ke grup2. Dan masih banyak bgt yg percaya lagi 😄," tulis akun @hannytriprakoso

"Iya kak q kemaren pernah di dm di minta suruh kirim no rekening tp enggak q kasih," tulis akun @ratu77618."

Sumber:

https://www.liputan6.com/showbiz/read/4600664/baim-wong-siapkan-langkah-hukum-bagi-pelaku-penipuan-dengan-modus-bagi-bagi-uang-yang-mencatut-namanya

https://www.liputan6.com/showbiz/read/4432439/polisi-tangkap-baim-wong-palsu

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4347883/cek-fakta-hoaks-bagi-bagi-hadiah-mencatut-nama-baim-wong-di-facebook

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menyebut Baim Wong sedang mengadakan giveaway Rp 25 juta adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.