Sukses

Hoaks Terkini Pembagian Barang dan Uang Modus Penipuan, Simak Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta - Informasi pembagian hadiah barang dan uang bertebaran di media sosial dan aplikasi percakapan, namun sebaiknya kabar tersebut tidak langsung dipercaya sebab belum tentu benar atau hoaks.

Hoaks pembagian hadiah barang dan uang bisa merugikan penerima informasi yang mudah percaya. Pasalnya, kabar bohong tersebut menjadi modus penipuan.

Untuk menghindari agar tidak menjadi korban penipuan lewat hoaks pembagian hadiah barang dan uang, kita perlu memastikan kebenaran informasi yang didapat sebelum mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar pembagian hadia barang dan uang, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar pembagian barang dan uang.

Pertamina Bagikan Subsidi BBM Rp 5 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim PT Pertamina (Persero) membagikan subsidi bahan bakar minyak atau BBM sebesar Rp 5 juta. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim Pertamina membagikan subsidi BBM sebesar Rp 5 juta berupa tautan sebagai berikut.

"fancarving.top/pertaminabxv2/tb.php?gr=jy1674976127081"

Jika tautan klaim Pertamina membagikan subsidi BBM sebesar Rp 5 juta tersebut diklik maka masuk pada halaman situs yang berisi narasi sebagai berikut.

"­čÄëPertamina National Fuel Subsidy­čÄŐ29 January, 2023

Congratulations!

Pertamina National Fuel Subsidy

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah ."

Benarkah klaim Pertamina membagikan subsidi BBM sebesar Rp 5 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

Hadiah Mobil Alphard di Facebook dalam Rangka Tahun Baru 2023

Kabar tentang penawaran hadiah mobil mewah Toyota Alphard dalam rangka menyambut tahun baru 2023 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Toyota Alphard Fans Club pada 30 Desember 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi bahwa ada pembagian hadiah mobil Alphard kepada warganet.

Untuk mendapatkan mobil mewah tersebut, warganet diminta untuk menuliskan warna mobil favorit di kolom komentar postingan tersebut.

"Halo semuanya...kami telah memutuskan dalam rangka menyambut tahun baru 2023, Kami akan memberikan 23 Mobil Toyota Alphard gratis kepada seseorang secara acak yang berhasil mengetik warna favorite contoh "Putih" sebelum tanggal 05 Januari 2023 semoga beruntung," tulis akun Facebook Toyota Alphard Fans Club.

Setelah menulis warna favorit di kolom komentar, warganet diminta untuk mengklik tombol biru bertuliskan "Hubungi Kami" di bagian atas halaman Facebook.

"Silahkan periksa informasi validasi anda, Caranya klik tombol berwarna biru "Hubungi kami" di bagian atas halaman kami. semoga beruntung­čśŐ," tulis akun Facebook tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2 ribu kali dibagikan dan mendapat 288 ribu komentar dari warganet.

Benarkah ada penawaran hadiah mobil Alphard dalam rangka menyambut tahun baru 2023? Simak dalam artikel berikut ini...

2 dari 4 halaman

Pembagian Dana Bansos Rp 120 Juta dari BPJS

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim BPJS membagikan bantuan sebesar Rp 120 juta, kabar tersebut beredar lewat pesan singkat.

Berikut klaim BPJS membagikan bantuan sebesar Rp 120 juta.

"Selamat No anda Terpilih Menerima Bantuan

IDR 120.000.000Dari BPJS Pusat

ID Penerima 27FR57K

info bantuan bit.ly/bantuanresmibpjs.pusat

WA: 087815359499"

Benarkah klaim BPJS membagikan bantuan sebesar Rp 120 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

3 dari 4 halaman

Alfamart Bagikan Tas Kado Spesial Rayakan Ulang Tahun ke-22

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Alfamart membagikan tas kado spesial untuk merayakan ulang tahun ke-22. Postingan ini menyebar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 26 Januari 2023.

Berikut isi postingannya:

"Untuk merayakan ke 22 tahun @Alfamart, kami mengirimkan Tas Kado Spesial. kepada semua orang yang menulis "Menang" Di Halaman kami Sebelum 30 Januari 2023. semoga berhasil"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Alfamart membagikan tas kado spesial untuk merayakan ulang tahun ke-22? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.