Sukses

Masyarakat Diimbau Tak Percaya Pesan Berantai Hoaks Minta Download Aplikasi Catut Nama PLN

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini muncul pesan berantai yang mencatut nama PLN untuk menguras rekening seseorang melalui aplikasi. PLN pun mengimbau masyarakat untuk tidak mengunduh aplikasi selain aplikasi resmi milik BUMN tersebut.

Dalam pesan berantai hoaks yang beredar, pelaku meminta masyarakat untuk mengunduh aplikasi tertentu. Mereka mengklaim aplikasi itu agar masyarakat tidak dikenakan pemutusan listrik karena belum membayar tagihan.

PLN pun segera mengeluarkan imbauan agar tak ada lagi masyarakat yang tertipu. Berikut isi imbauan PLN yang diunggah di akun resmi @pln_id yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

"Pemberitaan yang terkait tunggakan rekening listrik disertai ajakan mendownload atau membuka aplikasi PLN.apk agar terhindar dari pemblokiran dan pemutusan listrik rumah pelanggan itu tidak benar, dan informasi tersebut bukan informasi dari PT PLN (Persero)."

"Untuk informasi resmi terkait layanan dan promo PLN hanya dapat dilihat melalui PLN Mobile. Pastikan Electrizen sudah mendownload PLN Mobile sebagai sumber yang terpercaya." bunyi pernyataan PLN.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by PLN (@pln_id)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS