Sukses

Simak Informasi Salah Seputar Pengobatan dengan Kunyit, dari Cacar Monyet sampai Kanker

Liputan6.com, Jakarta- Kunyit merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, informasi seputar pengobatan menggunakan kunyit pun bermunculan.

Agar tidak mempercayai informasi yang salah atau hoaks, sebaiknya sebelum mempercayai informasi seputar pengobatan dengan kunyit kita pastikan terlebih dahulu kebenarannya.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali informasi benar dan salah seputar pengobatan menggunakan kunyit, Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri informasi tersebut.

Berikut kumpulan informasi salah seputar pengobatan menggunakan kunyit.

Ramuan Pengobatan Cacar Monyet dengan Kunyit dan Madu

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim ramuan pengobatan cacar monyet dengan kunyit dan madu, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 27 Juli 2022.

klaim pengobatan cacar monyet dengan kunyit dan madu berupa video yang didalamnya terdapat tulisan sebagai berikut.

Video tersebut menampilkan seorang yang sedang meremas beberapa lembar daun kemudian dimasukan bersama bubuk kuning dan cairan coklat dalam satu wadah, dilanjutkan dengan mengaduknya. Bahan yang sudah menjadi satu tersebut dioleskan ke jari telunjuk.

Dalam video tersebut diberi tulisan sebagai berikut.

"NATURAL REMEDY FOT MONKEY POX SORES"

Tulisan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Jika Anda menderita cacar monyet, Anda harus mencoba obat ini untuk mengobatinya. Obat ini mudah dan dilengkapi dengan bahan-bahan sederhana dan alami, seperti:

1 sendok makan dihaluskan(ditumbuk) daun nimba 1 sendok makan bubuk kunyit

1 sendok makan madu. Semoga bermanfaat 🙏🏻"

Benarkah klaim pengobatan cacar monyet dengan kunyit dan madu? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Minum Air Rebusan Bawang Merah, Kunyit, dan Jahe Bisa Bersihkan Paru Kotor Akibat Rokok

Klaim meminum air rebusan bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa bisa membersihkan paru-paru yang kotor akibat rokok beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 5 Juli 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi cara membuat ramuan untuk membersihkan paru-paru akibat rokok. Ramuan itu antara lain bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa.

Mula-mula bawang merah diiris tipis, kemudian dimasukkan ke dalam panci. Setelah itu, campurkan kunyit bubuk, irisan jahe, gula jawa, dan dua gelas air.

Kemudian bahan-bahan tersebut direbus hingga mendidih. Ketika sudah mendidih, dimasukkan ke dalam gelas kemudian diminum sehari 1 kali.

"Obat untuk paru-paru yang kotor," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 421 kali ditonton dan mendapat 18 respons dari warganet.

Benarkah meminum air rebusan bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa bisa membersihkan paru-paru yang kotor akibat rokok? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kunyit Putih hingga Gula Batu Bisa Sembuhkan Kanker

Klaim mengonsumsi air rebusan daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit kembali beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 27 April 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi tata cara membuat ramuan dari daun sisik naga. Beriku isinya.

"Assalamu'alaikum....

Untuk sodaru/i ku di mana pun berada,, jika punya keluhan Penyakit ,, Asam urat/ reumatik,, Asam lambung,, Radang paru2 / tenggorokan,, Tekanan darah tinggi,, sakit pinggang,, Radang tulang,, pengapuran tulang,, prostat,, Usus buntu,, Asma,, lemah jantung,, diabet kering/basah,, typus,, lever,, migren,, kolestrol,, kanker darah,, kanker Rahim,, Kanker payudara,, teroid..

Coba ikhtiar kan dgn Daun Sisik Naga ,, biasa nya Tumbuh di pohon2 yg besar,, saya yakin kalian pernah melihat nya ...

Jika ada silah kan di ambil minimal 7 lembar/9 lembar daun sisik naga trs cuci bersih dan rebus dgn ukuran 3 gelas Air minum sampe mendidih dan tunggu sampe Air itu menjadi 1 gelas,, di kosumsi setelah bangun tidur dlm kondisi perut kosong ...

Sebelum di minum tolong berdoa ..

Basmallah 1x

Al fatihah 3X

Istigfar 3x

Syahadat 3x

Sholawat syifa 3x trs tiup kan ka Air nya 3X...

Trs berdoa dgn Bahasa kita..

Ya Allah dgn wasilah Air Rebusan Daun sisik Naga ini,, Sembuh kan lah penyakit .....??

Dgn cepat & maksimal,, Aamiin 3X..

Dan silah kan di minum...

**Efek samping---> Sering buang air kecil(sering kencing krn penyakit nya keluar nya lewat air seni)

Smoga Bermanfaat & dgn ijin Allah Smua penyakit Sembuh dgn cepat & maksimal," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.200 kali dibagikan dan mendapat 42 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi air rebusan daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS