Sukses

Cek Fakta: Muncul Lagi Informasi Palsu Minum Air Rebusan Daun Sisik Naga Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

Beredar klaim mengonsumsi air rebusan daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim mengonsumsi air rebusan daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit kembali beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 27 April 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi tata cara membuat ramuan dari daun sisik naga. Beriku isinya.

"Assalamu'alaikum....

Untuk sodaru/i ku di mana pun berada,, jika punya keluhan Penyakit ,, Asam urat/ reumatik,, Asam lambung,, Radang paru2 / tenggorokan,, Tekanan darah tinggi,, sakit pinggang,, Radang tulang,, pengapuran tulang,, prostat,, Usus buntu,, Asma,, lemah jantung,, diabet kering/basah,, typus,, lever,, migren,, kolestrol,, kanker darah,, kanker Rahim,, Kanker payudara,, teroid..

Coba ikhtiar kan dgn Daun Sisik Naga ,, biasa nya Tumbuh di pohon2 yg besar,, saya yakin kalian pernah melihat nya ...

Jika ada silah kan di ambil minimal 7 lembar/9 lembar daun sisik naga trs cuci bersih dan rebus dgn ukuran 3 gelas Air minum sampe mendidih dan tunggu sampe Air itu menjadi 1 gelas,, di kosumsi setelah bangun tidur dlm kondisi perut kosong ...

Sebelum di minum tolong berdoa ..

Basmallah 1x

Al fatihah 3X

Istigfar 3x

Syahadat 3x

Sholawat syifa 3x trs tiup kan ka Air nya 3X...

Trs berdoa dgn Bahasa kita..

Ya Allah dgn wasilah Air Rebusan Daun sisik Naga ini,, Sembuh kan lah penyakit .....??

Dgn cepat & maksimal,, Aamiin 3X..

Dan silah kan di minum...

**Efek samping---> Sering buang air kecil(sering kencing krn penyakit nya keluar nya lewat air seni)

Smoga Bermanfaat & dgn ijin Allah Smua penyakit Sembuh dgn cepat & maksimal," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.200 kali dibagikan dan mendapat 42 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi air rebusan daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim mengonsumsi air rebusan daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "daun sisik naga" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Cek Fakta: Daun Sisik Naga Belum Terbukti Sembuhkan Kanker Payudara hingga Reumatik" yang dimuat situs liputan6.com pada 22 Oktober 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa air rebusan daun sisik naga tidak bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Pergizi Pangan, Prof Dr Hardinsyah.

"Antioksidan dan antibakteri digunakan oleh pihak tertentu," kata Prof Hardiansyah.

Menurut Prof Hardinsyah, hingga kini tidak ada bukti ilmiah dan hasil uji klinis yang mendukung klaim daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

"Jika digunakan sebagai obat tentu perlu mengikuti tahapan uji klinis sebagai layaknya suatu obat dan tidak mungkin untuk berbagai macam penyakit," ucap Prof Hardinsyah.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim mengonsumsi air rebusan daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit ternyata tidak terbukti. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah dan hasil uji klinis yang mendukung klaim tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.