Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Bagikan Mobil Corolla dari Toyota

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang menjanjikan hadiah sebuah mobil Corolla dari Toyota. Pesan berantai ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai terdapat narasi: "100 th anniversary celebration. 100 th anniversary, 2,022 gift, let us celebrate 2022 together"

Saat diklik tautan tersebut mengarah pada website dengan narasi:

"Congratulations! Toyota 100th anniversary celebration!

Through the questionnaire, you will have a chance to get Toyota Corolla"

Lalu benarkah pesan berantai yang menjanjikan hadiah mobil Corolla dari Toyota?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com mengunjungi website resmi Toyota, global.toyota. Di sana tidak terdapat pengumuman adanya survei seperti yang beredar dalam pesan berantai.

Selain itu dalam web resminya, Toyota merupakan perusahaan yang berdiri pada 28 Agustus 1937. Artinya tahun ini Toyota baru akan berusia 85 tahun, sehingga narasi dalam pesan berantai tidak tepat.

Pesan berantai hoaks ini juga pernah beredar pada April 2021 lalu. Akun resmi Toyota Indonesia di Instagram, @toyotaid pernah memposting bantahannya pada pesan berantai itu.

Berikut isinya:

"Telah beredar tautan (link) website dengan imink-imink hadiah berjudul "Perayaan Ulang Tahun ke-100 Toyota" melalui SMS, chat, dan media sosial. Kami menghimbau untuk tidak mengklik tautan tersebut.

Pastikan kamu mendapat informasi dari akun resmi Toyota yang terverifikasi yakni Instagram @toyotaid, Facebokk @ToyotaID dan Twitter@ToyotaID."

Cek Fakta Toyota bagi hadiah.

Dalam artikel Cek Fakta Liputan6.com berjudul "Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Janjikan Hadiah Rayakan Ulang Tahun ke-100 Toyota" terdapat penjelasan dari Dimas Aska, Interactive Communication Dept. Head Toyota Astra Motor.

"Pesan berantai itu hoaks. Kami mengimbau masyarakat untuk waspada pada program yang tidak resmi mengatasnamakan brand seperti Toyota. Kami juga mengimbau supaya tidak mudah mengakses tautan atau link yang tidak jelas," ujarnya.

"Untuk info-info Toyota baik program, layanan ataupun produk mengenai Toyota bisa diakses melalui channel Toyota yang sudah terverifikasi, seperti website, maupun channel lain seperti Instagram dan Youtube Toyota," katanya menambahkan.

Sumber:

https://global.toyota/en/company/profile/overview/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menjanjikan hadiah mobil Corolla dari Toyota adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.