Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Telkomsel Bagikan Hadiah untuk Rayakan Ulang Tahun ke-60

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai yang mengiming-imingi hadiah dari Telkomsel. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai yang mengiming-imingi hadiah dari Telkomsel dalam rangka ulang tahun ke-60. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Pesan berantai itu menyertakan tautan untuk diklik pengguna. Dalam tautan tersebut terdapat narasi:

"Lots of exquisite gifts, as well as more than 1000 units of smart watches and mobile devices

All you have to do is open the correct gift box. You have 3 tries, good luck!"

atau dalam Bahasa Indonesia:

"Perayaan ulang tahun ke-60. Banyak hadiah yang sangat menarik, serta lebih dari 1.000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler. Yang harus kamu lakukan adalah membuka gift box yang benar. Kamu punya kesempatan tiga kali, semoga berhasil."

Lalu benarkah Telkomsel sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah melalui pesan berantai Whatsapp?

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menghubungi pihak Telkomsel untuk meminta penjelasan dari pesan berantai tersebut. Telkomsel menyatakan pesan berantai itu hoaks.

Telkomsel bukan pihak yang menyelenggarakan program tersebut. Kami mengimbau kepada pelanggan untuk tidak klik/mengakses tautan (link) yang beredar dan tidak membagikannya," ujar Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel dalam rilis resmi pada Cek Fakta Liputan6.com.

"Seluruh program yang secara resmi dan sah dijalankan oleh Telkomsel, baik itu promo, penawaran khusus, hingga undian berhadiah, dapat dilihat di berbagai saluran resmi milik Telkomsel, seperti akun resmi di media sosial dan situs www.telkomsel.com," katanya menambahkan.

Telkomsel juga berharap masyarakat tidak mudah tergiur dengan maraknya pesan berantai yang beredar.

"Telkomsel mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap SMS atau tautan (link) yang mengarah ke situs penipuan berhadiah yang mengatasnamakan Telkomsel. Telkomsel juga mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kerahasiaan data pribadinya (nomor telepon, email, alamat, dan lain sebagainya), dan tidak membagikannya ke pihak yang tidak dapat dipastikan legitimasinya."

Sementara untuk akun resmi Telkomsel di media sosial sendiri adalah sebagai berikut, LINE (@Telkomsel), Facebook Messenger (Telkomsel), Telegram (@Telkomsel_official_bot), Twitter (@Telkomsel) dan Instagram (@Telkomsel).

Sementara website resmi Telkomsel adalah www.telkomsel.com.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menyebut Telkomsel sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.