Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Fadli Zon Tersingkir dari Kepengurusan Partai Gerindra

Beredar kabar Fadli Zon tersingkir dari kepengurusan Partai Gerindra. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Fadli Zon tersingkir dari kepengurusan Partai Gerindra beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Kusumawati pada 8 Februari 2021.

Akun Facebook Kusumawati mengunggah narasi berisi Fadli Zon yang tersingkir dari kepengurusan Partai Gerindra.

"Waw Fadli Zonk nyungsep FADLI ZON PUN TERSINGKIR

Lama tidak ada kabarnya paska ketahuan "Like Video Porno," Fadli Zon yang biasa nyinyir sampai melintir, tiba-tiba terdengar kabarnya juga. Sayang kali ini berupa kabar tak sedap, karena sang raja nyinyir ini rupanya tersingkir dari kepengurusan di Partai Gerindra.

Justru M. Irfan Yusuf Hasyim alias Gus Irfan yang menjadi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Gus Irfan adalah cucu dari tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU), yakni Hasyim Asy’ari, yang berasal dari Pondok Pesantren Tebu Ireng di Jombang, Jawa Timur.

Yang sabar ya Zon..

Ini kan dinamika politik yang memang selalu berkembang sesuai kebutuhannya. Tetap semangat dan jangan pernah berhenti nyinyir sampai melintir. Panggung politik nasional terasa sepi dan hambar tanpa kicauan Fadli Zon. Percayalah, bila Anda tabah dan tetap bersuara, niscaya suatu saat akan menuai hasilnya yang gilang gemilang.

Ya siapa tahu saja ada nomenklatur baru DPP Gerindra khusus buatmu, misal: PEMBANTU KETUA UMUM, hehehe," tulis akun Facebook Kusumawati.

Konten yang disebarkan akun Facebook Kusumawati telah beberapa kali direspons dan mendapat 11 komentar warganet.

Benarkah Fadli Zon tersingkir dari kepengurusan Partai Gerindra? Berikut penelusurannya.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar Fadli Zon tersingkir dari kepengurusan Partai Gerindra. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "fadli zon tersingkir gerindra" ke kolom pencarian Google Searh.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Bantah Tersingkir dari Gerindra, Fadli Zon: Saya Tetap Wakil Ketua Umum" yang dimuat situs Liputan6.com pada 2 Februari 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Gerindra Fadli Zon membantah kabar yang menyebut dirinya tersingkir dari posisi wakil ketua umum Gerindra. Fadli Zon menegaskan dirinya masih di posisinya sebagai wakil ketua umum partai berlambang garuda tersebut.

"Saya tetap menjadi wakil ketua umum sekaligus Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra," katanya lewat pesan singkat, Rabu (9/2/2021).

Sementara itu, Ketua DPP Gerindra Habiburokhman juga mengatakan, Fadli Zon dan cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Irfan Yusuf Hasyim sama-sama menjabat sebagai wakil ketua umum.

"Tidak benar jika Bang Fadli Zon dicopot jadi Waketum Gerindra digantikan Gus Irfan Yusuf Hasyim, yang benar beliau berdua sama-sama menjabat Waketum. Bang FZ Waketum Bidang Luar Negeri, Gus Irfan Waketum Bidang Agama," kata Habiburokhman

Fadli sempat dikabarkan tersingkir dari jabatan waketum oleh cucu Pendiri NU. Kabar tersebut bermula saat Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto melaksanakan pengukuhan kepengurusan hasil kongres pada 8 Agustus 2020 silam tepat di HUT ke-13 Partai Gerindra, Sabtu (6/2/2021).

Dalam pengukuhan tersebut, Prabowo menunjuk M. Ifran Yusuf Hasyim atau Gus Irfan yang merupakan cucu pendiri Nahdlatul Ulama yakni KH Hasyim Ashari dari Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang Jawa Timur sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra.

Sejumlah petinggi partai Gerindra yang turut dikukuhkan diantaranya Sufmi Dasco Ahmad juga diangkat menjadi Ketua Harian Partai Gerindra, Sandiaga Uno menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, serta Ahmad Muzani sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra.

 

Referensi:

https://www.liputan6.com/news/read/4479022/bantah-tersingkir-dari-gerindra-fadli-zon-saya-tetap-wakil-ketua-umum

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Fadli Zon tersingkir dari kepengurusan Partai Gerindra ternyata tidak benar. Faktanya, Fadli Zon masih menjabat Wakil Ketua Umum Partai Gerindra bidang Luar Negeri.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.