Sukses

Cek Fakta: Hoaks Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer Berbentuk Vape

Beredar di media sosial postingan soal vaksin covid-19 buatan Pfizer yang berbentuk vape atau rokok elektrik. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan soal vaksin covid-19 buatan Pfizer yang berbentuk vape atau rokok elektrik. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu yang membagikannya adalah akun bernama Austin Sidney Palmer. Ia mengunggahnya di Facebook pada 21 Desember 2020.

Dalam postingannya terdapat vape yang masih dibungkus dengan logo dan kemasan mirip Pfizer. Di kemasannya juga terdapat tulisan Coronavirus Vaccine Covid-19 dan Vaporizer Cartridge.

Di bawah kemasan juga terdapat tulisan single dose dan made in china. Ia juga menambahkan narasi dalam postingan itu "seems legit" atau dalam bahasa Indonesia "sepertinya asli".

Lalu benarkah vaksin covid-19 buatan Pfizer juga mengeluarkan dalam bentuk vape atau rokok elektrik?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi laman National Health Services (NHS) atau layanan kesehatan masyarakat di Inggris Raya. Dalam keterangan di websitenya, Inggris sejauh ini melakukan vaksinasi yang berasal dari Pfizer dan BioNTech.

Sejauh ini sudah ribuan orang yang divaksinasi dan sangat jarang yang melaporkan masalah efek samping serius. Komplikasi jangka panjang juga tidak ada yang melaporkan.

Selain itu vaksin covid-19 buatan Pfizer diberikan dengan penyuntikan di bagian atas lengan. Vaksin ini diberikan dalam dua dosis dengan jarak 21 hari.

Untuk keterangan lengkap dari NHS bisa dilihat dalam link berikut ini....

Terkait dengan asal pembuatan, dalam websitenya Pfizer menjelaskan bahwa mereka memproduksi vaksin covid-19 di tiga negara yakni di AS, Jerman, dan juga Belgia.

Untuk keterangan lengkapnya bisa dilihat dalam link berikut ini....

Dilansir dari Reuters Fact Check, Pfizer melalui email juga mengonfirmasi bahwa vaksin covid-19 dalam bentuk vape adalah palsu.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut vaksin covid-19 buatan Pfizer ada yang berbentuk vape adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.