Sukses

Cek Fakta: Daun Adam Hawa Belum Terbukti Sembuhkan Penyakit

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang daun tanaman adam hawa dapat menyembuhkan berbagai penyakit beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Yuni Herma Wati pada 29 September 2020.

Akun Facebook Yuni Herma Wati mengunggah narasi berisi klaim daun dari tanaman adam hawa bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut narasinya:

"Saya nemu ini di fb,,ada yg tauh kebenaran berita ini 🙏🙏🙏 Baru tauh klo ini nmnya ADAM HAWA,,😍😍 11 Manfaat Daun Adam Hawa untuk Kesehatan dan Manfaat Lain

Daun Adam Hawa Anda mungkin tidak tahu nama tanaman ini, tetapi jika Anda telah melihat bentuknya, Anda pasti pernah melihatnya sebelumnya.

Tanaman Adam hawa sering menjadi salah satu tanaman hias yang menghiasi rumah atau kantor.Tanpa banyak yang diketahui, manfaat tanaman Adam-Hawa bagi kesehatan sangat berlimpah.

Anda mungkin tidak pernah berpikir bahwa tanaman ini bermanfaat bagi kesehatan Anda, tetapi pada kenyataannya, tanaman adam hawa mengandung berbagai zat yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi berbagai penyakit dan mencegah tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Daun Adam Hawa

tanaman adam hawa adalah tanaman asli dari daratan Amerika Tengah.Tumbuhan ini memiliki bentuk seperti tanaman lidah mertua. Memiliki warna hijau gelap di daun atas dan ungu di daun bawah. Mengolah tanaman ini cukup mudah karena pertumbuhannya juga mudah. Tanaman Hawa memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.

Daftar Isi :

Manfaat Daun Adam Hawa

Menangkal Radikal Bebas

Mengobati Penyakit Bronkitis

Menyembuhkan Batuk Berdarah

Menyembuhkan Disentri

Obat Diare

Mengobati Anemia

Mengatasi Nyeri Sendi

Mencegah Tumor

Menghentikan Pendarahan Luka

Sumber Antioksidan

Membantu Membersihkan Paru-paru

Manfaat Daun Adam Hawa

Menangkal Radikal Bebas

Tanaman adam hawa juga dapat menangkal radikal bebas berkat kandungan antioksidan yang tinggi, radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker.

Mengobati Penyakit Bronkitis

Bagi Anda yang menderita bronkitis, Anda dapat mencoba perawatan tanaman adam hawa. Tanaman Hawa Adam memiliki khasiat yang membantu menyembuhkan bronkitis. Air rebusan tanaman adam hawa digunakan untuk mengobati bronkitis. Minumlah air rebusan adam hawa secara teratur agar bronkitis Anda dapat segera disembuhkan.

Menyembuhkan Batuk Berdarah

Batuk berdarah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kita harus bertindak cepat dan intens untuk menyembuhkannya. Cara alami untuk mengobati batuk berdarah adalah dengan menggunakan tanaman Adam hawa. Dipercayai bahwa kandungan tanaman Adam hawa membantu batuk berdarah saat Anda minum air rebusan dari daun tanaman Adam hawa, sehingga batuk berdarah Anda segera mereda.

Menyembuhkan Disentri

Penyakit pencernaan ini sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Karena disentri, perut bisa terasa sangat menyakitkan dan menyebabkan diare berdarah. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan tanaman Adam hawa. Tanaman Adam hawa memiliki khasiat yang membantu dalam mengatasi disentri.

Obat Diare

Efek dari tanaman adam hawa tidak hanya mengobati disentri tetapi juga diare. Diyakini bahwa kadar zat dalam daun Adam hawa mengurangi intensitas buang air besar dan menyembuhkan diare Anda. Cukup minum air rebusan secara teratur dari daun Adam Air sampai diare Anda sembuh total.

Mengobati Anemia

Manfaat berikutnya dari tanaman adam hawa adalah membantu mengobati anemia, anemia atau kekurangan darah membuat tubuh terasa lemas dan Anda terganggu di tempat kerja. Anda tidak perlu khawatir, tanaman Adam hawa dapat menjadi solusi untuk mengatasi anemia secara alami, tanpa mengonsumsi suplemen dan darah buatan.

Mengatasi Nyeri Sendi

Bagi Anda yang sering menderita nyeri sendi atau rheumatoid arthritis, air rebusan tanaman adam hawa dapat menjadi salah satu solusi penyembuhan. Anda dapat menggunakan keefektifan tanaman Adam hawa ini dengan penggunaan tanaman adam hawa yang dipanaskan dan kemudian ditempelkan pada bagian-bagian tubuh yang mengalami nyeri sendi atau rematik. Tunggu sakit sendi atau rematik di tubuh Anda untuk mereda dan menghilang.

Mencegah Tumor

Tumor adalah penyakit berbahaya bagi kesehatan tubuh, sehingga Anda dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif untuk mencegah penyakit ini. Salah satu langkah pencegahan alami yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan tanaman adam hawa. Tanaman adam hawa memiliki zat yang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan tumor dalam tubuh.

Menghentikan Pendarahan Luka

Luka yang menyebabkan perdarahan bisa diobati dengan tanaman adam hawa. Jika sulit untuk menemukan obat untuk luka berdarah, tanaman adam hawa mungkin menjadi alternatif untuk menghentikan pendarahan luar karena luka. Anda dapat menggunakan tanaman adam hawa sebagai luka pendarahan dengan menumbuk daun adam hawa dan kemudian menyebarkannya di atas luka berdarah.

Sumber Antioksidan

Tanaman adam hawa tidak hanya mampu mengobati dan mencegah berbagai penyakit, tetapi juga sumber antioksidan penting bagi tubuh. Manfaat antioksidan bagi tubuh sangat besar, termasuk kemampuan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Penggunaan sumber antioksidan alami jauh lebih besar daripada manfaat antioksidan dari suplemen makanan atau obat-obatan, dan tentu saja, risiko minimal terhadap kesehatan tubuh.

Membantu Membersihkan Paru-paruDaun adam hawa dalam pengobatan cina dimanfaatkan untuk membersihkan paru-paru. Konsumsilah daun adam hawa untuk campuran masakan agar lebih lezat.

Demikianlah pembahasan tentang daun adam hawa semoga dapat bermanfaat untuk anda," tulis akun Facebook Yuni Herma Wati.

Konten yang disebarkan akun Facebook Yuni Herma Wati telah 2.400 kali dibagikan dan mendapat 168 komentar warganet.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang daun tanaman adam hawa dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Ketua Umum Pergizi Pangan, Prof Dr Hardinsyah.

Hardinsyah mengatakan, belum ada uji klinis terhadap daun tanaman adam hawa. Ia pun tak yakin klaim daun tanaman adam hawa dapat mengobati berbagai penyakit dan sebagai antioksidan.

"Itu persepsi, belum ada penelitian klinis membuktian semua manfaat daun adam hawa seperti tersebut. Bila daun ini memiliki kapasitas antioksidan dan menangkal radikal bebas. Logislah dilihat dari fungsi herbal warnanya yang hijau kemerahan," kata Hardiansyah saat dihubungi Liputan6.com Rabu, (21/10/2020).

Hardiansyah menambahkan, masih terlalu dini untuk membuktikan klaim bahwa daun adam hawa ampun menyembuhkan berbagai penyakit. Apalagi tanpa bukti medis yang kuat.

"Untuk menyembuhkan berbagai penyakit terlalu dini mengkalim tanpa bukti-bukti klinis yang kuat," tutup dia.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang daun tanaman adam hawa dapat menyembuhkan berbagai penyakit ternyata belum terbukti. Ketua Umum Pergizi Pangan, Prof Dr Hardinsyah menyebut bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim daun adam hawa bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.