Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Jokowi Mengukur Baju Karya Ivan Gunawan untuk Menjadi Juri Dangdut Akademi Indosiar

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri Klaim Jokowi sedang mengukur baju karya Ivan Gunawan untuk menjadi juri Dangdut Akademi Indosiar.

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang mengklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang mengukur baju karya Ivan Gunawan untuk menjadi juri Dangdut Akademi Indosiar.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Putra Inka, pada 21 Agustus 2020. Unggahan tersebut berupa foto yang menampilkan Presiden Jokowi sedang mengukut baju ke badannya.

Unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Contoh Pemimpin Merakyat Tapi Hati Buat KONGLOMERAT.

Lagi Ngukur Baju Gaesss Biar Kelihatan Merakyat,

Buat Hadiri DEKLARASI KITA Dan JURI DANGDUT AKADEMI INDOSIAR😂😂

Karya Desainer Terkenal Ivan Gunawan."

Benarkah klaim foto Presiden Jokowi sedang mengukur baju karya Ivan Gunawan untuk menjadi juri Dangdut Akademi Indosiar? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Presiden Jokowi sedang mengukur baju  karya Ivan Gunawan untuk menjadi juri Dangdut Akademi Indosiar, dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Yandex.

Penelusuran Klaim Presiden Jokow Mengukur Baju Karya Ivan Gunawan untuk Menjadi Juri Dangdut Akademi Indosiar

 

Penelusuran mengarah pada artikel metrotvnews.com berjudul "Jokowi Santap Siang Bersama Pedagang Pasar Tradisional", artikel tersebut memuat foto identik dengan klaim.

Penelusuran Klaim Presiden Jokow Mengukur Baju Karya Ivan Gunawan untuk Menjadi Juri Dangdut Akademi Indonsiar

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'jokowi santap siang bersama pedagang pasar'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Jokowi Jamu Makan Siang Pedagang Pasar Tradisional di Istana" yang dimuat situs foto.tempo.co, pada 3 September 2015.

Artikel foto.tempo.co tersebut memuat foto dengan komposisi yang samam dengan foto klaim, seperti baju batik yang dikenakan Presiden Jokowi, orang disekitar Presiden Jokowi, kondisi di ruangan dan motif baju yang dipegang Presiden Jokowi.

Penelusuran Klaim Presiden Jokow Mengukur Baju Karya Ivan Gunawan untuk Menjadi Juri Dangdut Akademi Indosiar

 Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Presiden Joko Widodo memperhatikan sebuah pakaian hasil pemberian salah seorang pedagang pasar tradisional yang diundang untuk makan siang bersama di Istana Negara, Jakarta, 3 September 2015."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto Presiden Jokowi Presiden Jokowi sedang mengukur baju karya Ivan Gunawan untuk menjadi juri Dangdut Akademi Indosiar tidak benar.

Foto yang sebenarnya Presiden Jokowi sedang memperhatikan sebuah pakaian pemberian pedagang pasar, saat makan siang bersama di Istana Negara, Jakarta.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini