Sukses

Cek Fakta: Hoaks Akun Anak Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Kutip Ayat Agama Lain

Adalah akun Facebook, Ganti Presiden yang menyebut anak Presiden Jokowi berusia 32 tahun itu mengutip ayat agama lain.

Liputan6.com, Jakarta - Putra Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka mendapat serangan hoaks. Dia disebut-sebut mengutip ayat dari agama lain, meski seorang Muslim.

Adalah akun Facebook, Ganti Presiden yang menyebut anak Presiden Jokowi berusia 32 tahun itu mengutip ayat agama lain. Begini narasinya:

"Ngakunya muslim, kenapa mengutip kitab lain? Apa dia mencontek dari istrinya..?"

Akun Ganti Presiden itu juga memasang tangkapan layar dengan akun Twitter atas nama @GibranRakabumi. Berikut narasi yang ada di tangkapan layarnya:

"Jangan berbicara di telinga orang bebal sebab ia akan meremehkan katakatamu yang bijak. | Amsal 23:9 #JumatBerkah"

Unggahan itu menjadi viral karena mendapat 3,8 ribu like. Tidak hanya itu, kicauan itu juga mendapat 1,1 ribu komentar dan sudah dibagikan sebanyak 698 kali.

Benarkan putra sulung Presiden Jokowi yang saat ini menjadi calon walikota Solo mengatakan demikian. Simak di halaman selanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran dari tangkapan layar Ganti Presiden melalui media sosial milik Gibran. Namun fakta yang mengejutkan, akun Twitter milik Gibran adalah @Chilli_Pari, bukan @GibranRakabumi.

Kemudian, tim Cek Fakta Liputan6.com juga mencari data melalui situs Turnbackhoax.id. Di situs tersebut disebutkan kalau Gibran Rakabuming tidak ada kaitannya dengan akun @GibranRakabumi.

Di situs tersebut juga ada bantahan soal akun @GibranRakabumi, sama seperti yang dibahas oleh pemilik Facebook Ganti Presiden. Situs turnbackhoax.id menyebut twit itu menyesatkan.

"Klaim tersebut menyesatkan. Akun Twitter @GibranRakabumi pada tangkapan layar bukan milik Gibran Rakabuming. Akun Twitter yang sama pernah membagikan unggahan berupa polling seputar perppu ormas pada tahun 2017."

"Saat itu bantahan terkait akun tersebut telah disampaikan oleh Gibran dan Kaesang Pangarep melalui akun Twitter @Chilli_Pari dan @kaesangp," tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya pada Minggu 26 Juli 2020.

Adik Gibran, Kaesang Pangarep, pada Oktober 2017 juga sudah pernah menyebut akun @GibranRakabumi tidak dikelola oleh anak sulung Presiden Jokowi.

"Ngomong-ngomong, kalian pada tau kan akun @GibranRakabumi, itu bukan akun kakak saya?" tulis Kaesang Pangarep pada 28 Oktober 2017.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Tangkapan layar yang diunggah Facebook Ganti Presiden yang membahas akun Twitter @GibranRakabumi mengutip ayat lain adalah hoaks. Akun Twitter itu bukan mili Gibran Rakabuming, seperti yang saat ini sedang ramai dibicarakan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini