Sukses

[Cek Fakta] Soal dan Jawaban Tes CPNS Lengkap Beredar di Media Sosial

Petunjuk teknis dan rincian soal seleksi CPNS beredar di media sosial, benarkah berasal dari panitia penyelenggara?

Liputan6.com, Jakarta - Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu dinantikan para pencari kerja dari tahun ke tahun. Besarnya minat untuk menjadi abdi negara membuat mereka tak henti mencari informasi tentang seleksi CPNS di media sosial maupun mesin pencari.

Namun, kerap kali informasi tentang seleksi CPNS yang beredar di media sosial malah menyesatkan atau diragukan kebenarannya. 

Klaim

Sebuah laman dengan judul "Soal dan Jawaban Tes CPNS Lengkap Semua Kompetensi" beredar di media sosial Facebook. 

Laman ini menampilkan daftar tautan yang berisi petunjuk teknis (juknis) dan rincian soal yang diakui merupakan sebagian dari 25.000 soal yang sudah dipersiapkan panitia penyelenggara seleksi.

Tanggapan Pemerintah

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mudzakir mengatakan, segala informasi yang tertaut dalam link tersebut tidak valid alias hoax.

"Pasti hoax, masa bisa di-download. Selain itu pengumuman (resmi) kan belum ada," ujar Mudzakir saat ditanyai Liputan6.com, Selasa (7/8/2018).

Adapun alamat situs yang seolah membawa nama suatu instansi pemerintah (Dikbud) itu menawarkan soal dan jawaban tes CPNS lengkap semua kompetensi, seperti Tes Intelejensi Umum (penamaan sesuai dengan yang tertuliskan di situs) dan Tes Skala Kematangan yang siap unduh.

Lebih lanjut, Mudzakir menyatakan, pengumuman resmi soal CPNS 2018 akan dikabarkan langsung oleh pihak Kementerian PANRB bila sudah tepat pada waktunya.

"Intinya kami yang akan umumkan. Bila ada link Kementerian/Lembaga lain, tentu koordinasi dengan kami dulu," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya Click Bait

Hal senada juga diungkapkan Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, yang menegaskan kepalsuan informasi dalam link tersebut.

"Wah, pasti enggak valid. Itu hanya akal-akalan orang supaya link-nya kita klik (click bait). Lagipula, domain-nya bukan 'go.id'. Laman resmi Kemendikbud kan www.kemdikbud.go.id," tuturnya.

"Saya sudah coba download. Tipe, narasi, style CAT (Computers Assisted Test) BKN, bukan seperti itu," dia menambahkan.

Dia pun menyebutkan, BKN saat ini masih menunggu keputusan pemerintah terkait informasi valid CPNS 2018. "Kami masih menunggu keputusan pemerintah melalui Kementerian PANRB," tandasnya.

Bukan Situs Resmi Kemdikbud

Kepada Liputan6.com, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan bahwa situs http://www.dikbud.info/2018/06/soal-dan-jawaban-tes-cpns-lengkap-semua.html bukan milik pihaknya.

"Yang jelas bukan dari dikbud, artinya bukan milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata dia.

Ia menambahkan, jika terbukti ada pencatutan nama, pihaknya akan melaporkannya ke pihak kepolisian.

 

(Proses verifikasi dibantu oleh jurnalis Maulandy Rizky Bayu Kencana dan Andry Haryanto) 

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 53 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerja sama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.