Sukses

Asal Menang Lawan Myanmar, Indonesia Lolos ke Semifinal

"Menang dengan skor berapapun Indonesia sudah bisa lolos ke semifinal," kata Prince.

Tim Nasional Indonesia U-23 akan melakoni pertandingan krusial untuk meraih tiket ke semifinal SEA Games 2013 dengan melawan tuan rumah Myanmar di YTC Stadium, Senin (16/12/2013). Kendati demikian, Skuat Garuda Muda setidaknya tidak perlu menang dengan selisih 4 gol untuk bisa lolos.

Menurut Match Commisioner SEA Games cabang olahraga sepakbola, Prince Rufus yang berasal dari India, Indonesia bisa lolos dengan skor berapapun.

"Menang dengan skor berapapun Indonesia sudah bisa lolos ke semifinal. Yang dihitung bukan selisih gol, namun head-to-head," kata Prince saat dihubungi wartawan, Minggu (15/12/2013).

Sekarang ini Indonesia dalam kondisi yang kurang diuntungkan mengingat kondisi di klasemen dengan menempati posisi ke-3 Grup B mengantongi 4 poin dari 3 laga dan -2 dalam produktivitas gol.

Tim asuhan Rahmad Darmawan tersebut selisih 3 poin dengan Myanmar yang ada di peringkat ke-2 yang mengoleksi 7 poin dan produktivitas gol +5.

Sebelumnya banyak yang beranggapan, Indonesia butuh kemenangan dengan selilish minimal 4 gol untuk melaju ke semifinal. Namun anggapan itu sudah dipatahkan.

"Dalam pertemuan dengan manajemen sebelumnya, bila ada dua tim dengan poin yang sama, maka yang dihitung adalah hasil pertandingan kedua tim," ucap Prince.

"Jika Myanmar menang, mereka yang melaju ke semifinal. Jika imbang, Myanmar ke semifinal. Bila Indonesia menang, Indonesia yang ke semifinal, berapapun skornya, Indonesia ke semifinal. Ini aturannya," sambungnya.

Nasib Indonesia berada di ujung tanduk setelah hanya bisa meraih satu kemenangan dari tiga laga Grup B. Menang 1-0 atas Kamboja di laga perdana, kemudian kalah telak 1-4 dari Thailand, dan terakhir ditahan imbang tanpa gol oleh Timor Leste. (lul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.