Sukses

Ayo! Indonesia Bisa: Garuda Dihantui Rekor Buruk Lawan Thailand

Indonesia telah bertemu 16 kali dengan Thailand di SEA Games. Hasilnya, Indonesia baru menang dua kali.

Tim Nasional U-23 Indonesia akan menghadapi Thailand pada lanjutan pertandingan Grup B SEA Games 2013 di Thuwunna Stadium, Yangon, Kamis (12/12). Garuda Muda dihantui rekor buruk lawan Thailand jelang laga ini.

Indonesia telah bertemu 16 kali dengan Thailand di SEA Games. Hasilnya, Indonesia baru menang dua kali. Sisanya, Indonesia dua kali imbang dan menderita 12 kekalahan. Kemenangan terakhir Indonesia atas Thailand terjadi pada SEA Games 2011 lalu.

Fakta ini menggambarkan bahwa Thailand tak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi tim besutan Kiatisuk Senamuang itu tampil impresif saat menaklukkan Timor Leste 3-1 di partai perdana SEA Games 2013.

"Yang membedakan Thailand sekarang dengan 2011, mereka kini melakukan persiapan yang lebih serius. Mereka mempersiapkan tim selama 11 bulan, itu sangat ideal dan tim mereka kompak," kata Pelatih Rahmad Darmawan yang juga melatih Timnas U-23 di SEA Games 2011.

Pada laga perdana, Senin 9 Desember, Garuda Muda hanya menang tipis 1-0 atas Kamboja. Gol kemenangan tim besutan Rahmad Darmawan itu dicetak Yandi Sofyan.

Melawan Thailand, kemenangan wajib hukumnya bagi Indonesia. Sebab, Negeri Gajah Putih merupakan saingan utama Indonesia di Grup B selain Myanmar. Mengingat hanya dua tiket yang tersedia untuk lolos ke semifinal, maka tiga poin harus direbut Garuda Muda. Jika tidak, Indonesia akan dalam posisi tertekan pada laga terakhir melawan Myanmar. (Vin)

Head to head Indonesia vs Thailand di SEA Games
Pertandingan: 16
Indonesia Menang: 2
Thailand Menang: 12
Imbang: 2

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini