Sukses

Rekor Tata di Barcelona Tetap Terbaik, Ini Alasannya!

Pelatih Barcelona belum ada yang mampu membawa tim menang lebih dari enam laga beruntun, kecuali Tata.

Gerardo "Tata" Martino, pelatih Barcelona memang tak bisa meraih 9 kemenangan beruntun di awal musim. Tapi torehan rekor delapan kemenangan beruntun di awal musim tetap yang terbaik. Ini setidaknya berhasil menyamai rekor 8 kemenangan beruntun Leo Beenhaker saat melatih Madrid di musim 1987/88.

Selain itu, ada alasan lain mengapa rekor ini tetap yang terbaik. Soalnya, Barcelona tak pernah menang lebih dari enam kali beruntun di awal musim. Torehan rekor ini sudah dicatatkan oleh enam pelatih berbeda.

Pelatih pertama yang melakukan itu adalah James Bellamy di musim 1929/30.  60 tahun kemudian, giliran Johan Cruyff melakukannya lewat `Dream Team` yang dimilikinya pada musim 1990/91. Setelah itu,Louis Van Gaal (1997/98), Pep Guardiola (2009/10) dan Tito Vilanova (2012/13).

Ada dua faktor penting  yang menyebabkan Barcelona imbang melawan Osasuna. Seperti ditulis Marca, Minggu (20/10/13), pertama adalah karena `virus FIFA`. Dimana skuat inti Barcelona nyaris semuanya bergabung untuk memperkuat timnas akhir pekan lalu. Ini artinya Barcelona hanya bisa berlatih dua kali sebelum laga.

Faktor kedua adalah jadwal. Dua laga penting beruntun akan dihadapi melawan Milan dan Madrid. Dua laga ini juga menguras perhatian Tata dimana rotasi pemain wajib dilakukan. Lionel Messi misalnya hanya tampil 25 menit lawan Osasuna. (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.