Sukses

5 Pemain Darts Bank Indonesia Bakal Ramaikan Darts National Competition Series 02

Sebanyak 5 pemain dari Team Darts Bank Indonesia bakal ambil bagian dalam ajang Darts National Competition Series 02 yang diselenggarakan mulai 27-28 April mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga darts rupanya bukanlah cabor yang asing bagi beberapa lembaga dan institusi Tanah Air. Di Bank Indonesia misalnya, darts sudah lama dikenal dan dimainkan oleh karyawan sejak awal dekade 2000-an.

Darts kerap dijadikan sarana permainan yang dipilih guna menyemarkkan berbagai kegiatan internal dan antarbank sentral, seperti Inter Central Bank Games (ICBG) yang melibatkan peserta dari 5 bank sentra Asia Tenggara, yakni Indonesia Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Dalam gelaran ICBG ke-44 yang dihelat di Balipada 20-23 Oktober 2023 lalu, tim darts Bank Indonesia bahkan berhasil menyabet medali emas. Hal itu konon menjadi kejutan. Pasalnya, para pemain yang tergabung dalam skuad, yakni Agus Susanto, Meiana Susanti, Diki Oktofianus, Lusiana Satriani, Hana Nada Pertiwi, serta Andhika hanya memiliki sedikit waktu untuk berlatih.

"Keberhasilan Team Darts Bank Indonesia meraih medali emas di ICBG ke-44 Bali tahun 2023 sungguh merupakan sebuah kejutan. Kami bukan tim yang kuat, persiapan kami juga sangat minim, dan secara tradisi kami memang bukan tim yang punya tradisi prestasi di darts Ini kali pertama kami meraih emas di cabang darts," ujar Manajer Team Darts Bank Indonesia Rifky Adihitya, sebagaimana dilansir dari rilis yang diterima Liputan6.com.

Belum lagi, anggota Team Darts Bank Indonesia yang paling senior, Meiana, mengungkap sangat sulit bagi mereka membentuk tim darts jelang gelaran ICBG 2023.Hal itu lantaran cabang olahraga tersebut terakhir kali dipertandingkan di kompetisi yang sama pada 2015.

Setelahnya, gelaran ICBG tertunda beberapa tahun akibat pandemi COVID-19. Situasi ini tak ayal membuat Meiana dan Team Darts Bank Indonesia harus bekerja ekstra demi melakukan persiapan jelang tampil dalam ajang di Bali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bank Indonesia Gelar Seleksi Internal Darts

Seleksi internal sempat dilakukan di semua kantor cabang serta perwakilan Bank Indonesia demi menemukan kandidat yang mampu memperkuat tim. Marcello Stephen lantas turun tangan membantu serta mencarikan lawan sparing guna memanaskan mesin.

"Darts itu sebenarnya olahraga pergaulan yang sangat populer di Eropa dan Amerika, sering digunakan untuk ice breaking dan medium komunikasi antar lembaga-lembaga internasional," papar Meiana.

"Di komunitas perusahaan minyak dan gas internasional, konon darts secara reguler dipakai untuk meningkatkan engagement di antara mereka. Tapi di Indonesia, darts kan bukan olahraga populer sehingga peralatannya langka, federasi atau organisasinya tidak ada, komunitas dan pemainnya juga kami tidak tahu di mana. Saya bahkan harus beli equipment darts dari luar negeri untuk persiapan ICBG Bali 2023 kemarin," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Ikut Darts National Competition Series 02

Adapun Team Darts Bank Indonesia selanjutnya masih berambisi mengasah kemampuan lewat perhelatna darts di Tanah Air. Salah saut ajang yang bakal mereka sambangi ialah Darts National Competition Series 02.

Seperti diketahui, DNC merupakan turnamen olahraga darts yang diinisiasi oleh Indonesia Entertainment Group. Ajang ini sebelumnya telah menggulirkan seri pertama di Eastern Promise, Kemang pada awal Maret lalu, dan akan kembali dengan seri kedua di Gading Festival Food and Fun mulai 27-28 April mendatang.

Sebanyak 5 dari 6 pemain Team Darts Bank Indonesia pun akan dikirim untuk mengikuti Darts National Competition Series 02. Mereka selanjutnya akan jadi bagian dari total 32 atlet darts yang siap berkompetisi dalam gelaran milik Indonesia Entertainment Group.

Di babak kualifikasi, total 32 pemain tersebut akan dibagi ke dalam 8 grup untuk berjibaku serta memberebutkan 16 tiket menuju fase knock-out. Adapun drawing guna menentukan pembagian grup akan dilakukan pada Selasa (23/4/2024) mendatang.

"Agus Susanto, Meiana, Diki, Lusi, dan Hana akan ikut berkompetisi di Darts National Competition Series 02," ungkap Rifky Adihitya selaku manajer Team Darts Bank Indonesia.

"Andika berhalangan ikut karena sedang ada penugasan dari kantor. Kami tidak ada target khusus. Saat ini, kami fokus untuk maintenance skill dan kemampuan tim agar tetap stabil," katanya menambahkan.

4 dari 4 halaman

Sarana Belajar dan Tambah Pengalaman

Selaras dengan pernyataan tersebut, Meiana menilai ajang Darts National Competition Series 02 memang bakal menjadi sarana ideal bagi ia dan rekan-rekannya menambah pengalaman. Ia pun mengaku tak terbebani dengan hasil drawing dan siap memberikan penampilan terbaik saat kompetisi.

"Darts National Competition Series 02 akan menjadi pembelajaran dan pengalaman yang sangat bagus untu kami berlima. Apalagi para pemain yang berkompetisi di sini adalah pemain-pemain yang sudah punya jam terbang," ujar Meiana

"Apapun hasil drawing nanti, kami siap. Kami nothing to lose saja, tapi pasti akan membrikan penampilan dan kemampuan terbaik yang kami miliki," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.