Sukses

5 Pelatih Terbaik Real Madrid, Menyumbang Banyak Trofi

Real Madrid merupakan salah satu klub tersukses di Liga Spanyol. Los Blancos sudah memenangkan berbagai trofi, baik di level domestik, regional, hingga internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Real Madrid merupakan salah satu klub tersukses di Liga Spanyol. Los Blancos sudah memenangkan berbagai trofi, baik di level domestik, regional, hingga internasional.

Prestasi tersebut tentu tidak diraih begitu saja. Setiap individu yang terlibat di dalam klub memainkan peran masing-masing. Termasuk para pelatih yang memilih tim hingga mengatur strategi.

Seperti pemain, Real Madrid juga mengoleksi pelatih bintang. Namun, tidak semuanya sukses mempersembahkan prestasi.

Termasuk dalam daftar yang gagal adalah mantan dua bintang Alfredo Di Stefano dan Jorge Valdano. Meski mampu merebut gelar bersama Los Blancos ketika masih aktif merumput, Di Stefano dan Valdano tergolong memiliki rapor merah saat menjadi nakhoda tim.

Ada juga nama-nama tenar seperti Fabio Capello dan Guus Hiddink. Begitu pula Jose Mourinho. Meski bisa merebut berbagai gelar kala bekerja di Estadio Santiago Bernabeu, sosok asal Portugal itu tidak berada di lima besar pelatih Real Madrid dengan koleksi titel terbanyak.

Berikut daftar lima arsitek tim dengan raihan trofi terbanyak bagi klub ibu kota Negeri Matador tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Miguel Munoz Hingga Carlo Ancelotti

1. Miguel Munoz

Miguel Munoz menempati urutan teratas daftar pelatih tersukses Real Madrid dengan koleksi 14 gelar. Sebanyak sembilan di antaranya merupakan mahkota LaLiga, plus dua trofi Piala Champions, cikal Liga Champions.

2. Zinedine Zidane

Zinedine ZIdane membuntuti Munoz dengan raihan 11 gelar. Prestasi utama sosok asal Prancis itu terletak di pentas regional.

Sebanyak tiga adalah gelar Liga Champions, dua di antaranya secara beruntun.

3. Carlo Ancelotti

Mendampingi Zidane dengan 11 gelar adalah Carlo Ancelotti. Namun, Ancelotti berkesempatan besar memimpin karena masih berkuasa di Santiago Bernabeu.

Selama dua periode bekerja, rapor Ancelotti nyaris mirip seperti Zidane. Los Blancos pimpinannya lebih bersinar di regional dan internasional.

Bersamanya, Real Madrid menjuarai LaLiga, Liga Champions (2), Piala Super Eropa (2), dan Piala Dunia Antarklub (2).

3 dari 3 halaman

Luis Molowny dan Vicente del Bosque

4. Luis Molowny

Membuntuti Zidane dan Ancelotti hadir Luis Molowny yang melatih Real Madrid pada empat periode di 1970-an dan 1980-an. Molowny memenangkan delapan gelar, di antaranya LaLiga (3), Copa del Rey (2), dan Piala UEFA (2).

5. Vicente del Bosque

Vicente del Bosque melengkapi lima besar daftar pelatih tersukses Real Madrid. Dia merebut tujuh trofi bersama klub yang pernah diperkuatnya sebagai pemain.

Del Bosque jadi pelatih pertama yang sukses mengakomodir Los Galacticos kebanggaan Florentino Perez, sebelum diikuti Ancelotti dan Zidane. Dia menjuarai LaLiga (2), Liga Champions (2), Piala Super Eropa, dan Piala Interkontinental.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini