Sukses

Tersingkir dari Liga Champions 2023/24, Manchester United Ukir Rekor Memalukan

Manchester United kalah 0-1 dari Bayern Munchen pada laga terakhir grup A Liga Champions 2023/2024.

Liputan6.com, Jakarta Langkah Manchester United di ajang Liga Champions 2023/2024 resmi berakhir. Setan Merah gagal melaju ke fase knock out usai menelan kekalahan 0-1 dari Bayern Munchen pada laga terakhir grup A di Stadion Old Trafford, Rabu (13/12/2023).

Dalam duel ini, MU yang membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang ke babak 16 besar justru kebobolan lewat gol Kinglsey Coman pada menit ke-70. Kekalahan ini pun membuat Setan Merah finis di posisi paling buncit dengan 4 poin.

Sebaliknya, Munchen yang sudah memastikan tempat di fase knock out semakin memantapkan posisinya di puncak klasemen dengan 16 poin. FC Hollywood bakal ditemani oleh Copenhagen yang menempati posisi kedua dengan torehan 8 poin.

MU tidak hanya gagal melaju ke fase knock out. Setan Merah juga ternyata mengukir rekor buruk sepanjang babak penysihan sebagai tim asal Inggris pertama dalam sejarah yang kebobolan sampai 15 gol sepanjang babak penyisihan. Angka ini sekaligus memperlihatkan celah besar yang ada di skuad Manchester United saat berlaga di pentas Eropa pada musim ini.

Sementara itu di sisi lain, MU sebenarnya tidak terlalu buruk dalam menyerang. Sepanjang babak penyisihan grup Liga Champions 2023/24, pasukan Erik ten Hag mampu menghasilkan 12 gol, jumlah yang sama dengan pemuncak klasemen Bayern Munchen.  

Pada akhirnya, MU berhasil memenangkan pertandingan terakhirnya di grup A, MU tetap tidak akan melaju ke fase knock out. Pasalnya, pada pertandingan lainnya FC Copenhagen berhasil memenangkan pertarungan melawan Galatasaray dengan skor 1-0.

Hasil ini membuat Copenhagen mengemas 8 poin atau unggul 1 poin dari MU seandainya berhasil memenangkan laga terakhir. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalannya Pertandingan

Laga Mancheter United melawan Munchen berlangsung ketat dan kedua tim saling berbalas menyerang. Pada Menit ke-17, Harry Maguire sempat melanggar Jamal di kotak penalti. Namun setelah mengecek VAR wasit tak memberikan penalti.

Tendangan keras Luke Shaw dari luar kotak penalti nyaris menjebol gawang Munchen. Namun, bola masih bisa dihalau Neuer.

Peluang terbaik Munchen didapat menit ke-31. Sontekan Sane di depan gawang Setan Merah masih melenceng. Hingga babak pertama berakhir tak ada gol yang tercipta.

 

3 dari 3 halaman

Bruno Fernandes Buang Kesempatan

MU memiliki peluang terbaik menit 48 lewat serangan cepat. Sayang tendangan Bruno Fernandes yang sudah berdiri bebas masih melambung.

Fernandes kembali mendapat kesempatan mencetak gol. Namun, kali ini sepakannya masih menyamping di sisi kanan gawang Munchen.

Petaka buat Manchester United datang pada menit 71. Menerima operan akurat dari Harry Kane, Coman yang lolos ke dalam kotak penalti dengan mudah menceploskan bola ke gawang Onana.

Unggul satu gol Munchen mulai mendominasi permainan, bahkan Kane nyaris mencetak gol lewat sundulan. Hingga pertandingan berakhir tak ada lagi gol tercipta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.