Sukses

Rencana Sir Jim Ratcliffe di Manchester United Makin Terbaca, 2 Orang Kepercayaan Sudah Dibawa ke Old Trafford

Rencana calon pemilik baru Manchester United Sir Jim Ratcliffe makin terbaca di Old Trafford. Miliarder asal Inggris itu baru-baru ini memboyong dua orang kepercayaannya, yang digadang-gadang bakal menduduki kursi petinggi MU, ke markas Setan Merah.

Liputan6.com, Jakarta Rencana calon pemilik baru Manchester United Sir Jim Ratcliffe makin terbaca di Old Trafford. Miliarder asal Inggris itu baru-baru ini memboyong dua orang kepercayaannya, yang digadang-gadang bakal menduduki kursi petinggi MU, ke markas Setan Merah.

Seperti diketahui, Ratcliffe memang sudah hampir menyelesaikan kesepakatan pembelian saham minoritas untuk klub raksasa Liga Inggris. CEO INEOS sepakat membayar 1,3 triliun poundsterling demi mendapatkan 25 persen saham MU.

Pengambilalihan sebagian kepemilikan Setan Merah nantinya membuat Sir Jim Ratcliffe mendapat kewenangan mengurusi operasional sepak bola Manchester United. Hal ini juga mencakup perubahan kepengurusan hingga urusan transfer pemain.

Sayangnya hingga kini, Setan Merah belum kunjung membuat pengumuman resmi terkait kedatangan Sir Jim Ratcliffe di Old Trafford. Proses akuisisi semula diperkirakan rampung pada akhir November, tetapi belum ada kabar baik yang terdengar hingga awal Desember 2023.

Rumor teranyar lantas menyebut pengambilalihan 25 persen saham MU oleh Ratcliffe bakal diumumkan pekan depan. Namun, Daily Mail mengeklaim hal itu lagi-lagi belum akan terwujud lantaran masih ada masalah yang belum beres.

Masalah struktural dan hukum menjadi alasan pengumuman resmi soal investasi Sir Jim Ratcliffe kembali ditunda. Agenda tersebut kemungkinan baru bisa terlaksana dalam dua pekan ke depan, atau bahkan lebih lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sir Jim Ratcliffe Sudah Temui Petinggi MU

Terlepas dari ditundanya kembali pengumuman akuisisi 25 persen saham MU oleh Sir Jim Ratcliffe, miliarder Inggris terus mematangkan pengaruhnya di Old Trafford.

Laporan Mirror baru-baru ini mengungkap CEO INEOS kembali mengunjungi Manchester United untuk menghadiri pertemuan dengan para eksekutif Setan Merah, Kamis (7/12/2023) waktu setempat.

Menariknya, Sir Jim Ratcliffe tak hadir seorang diri di markas MU. dia turut menggandeng dua orang kepercayaannya yakni Sir Dave Brailsford dan Jean Claude-Blanc, yang memang santer dirumorkan bakal turut mendapat jabatan di Manchester United pasca kedatangan CEO INEOS.

3 dari 4 halaman

Rencana Sir Jim Ratcliffe Makin Jelas

Seperti diketahui, Claude-Blanc merupakan sosok yang amat difavoritkan untuk menduduki kursi CEO MU. Jabatan tersebut semula dimiliki oleh Richard Arnold.

Akan tetapi, pria berusia 52 tahun memutuskan mundur dari posisinya di Manchester United. Pilihan itu diambil tak lama setelah kabar pembelian 25 persen saham Setan Merah oleh Sir JIm Ratcliffe mencuat di media.

Sementara itu, Sir Dave Brailsford sendiri saat ini tengah mengemban tugas sebagai Direktur Olahraga INEOS. Namun, dia juga digadang-gadang bakal menjadi sosok penting yang membantu Ratcliffe melakukan transformasi di Old Trafford.

Laporan Mirror menambahkan, pertemuan ini sejatinya bukan kali pertama Brailsford dan Claude-Blanc mengunjungi MU. Rumor menyebut mereka juga pernah membuntuti Ratcliffe ke Old Trafford kala sang CEO berada di tahap awal akuisisi pada Maret lalu.

Walau begitu, kehadiran mereka saat ini tetap menjadi bukti jelas rencana Ratcliffe di Setan Merah. Apalagi, sang miliarder sudah nyaris menyelesaikan kesepakatan untuk menjadi pemilik saham minoritas MU.

4 dari 4 halaman

Posisi MU di Liga Inggris 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Sir Jim Ratcliffe

  • Berita Bola