Sukses

Erick Thohir Bantu Eks Kiper Timnas Indonesia Kurnia Meiga Jadi Pengusaha usai Pensiun Dini Akibat Masalah Penglihatan

Ketua Umum PSSI Erick Thohir melanjutkan komitmen pihaknya untuk memberi uluran tangan terhadap eks penjaga gawang Timnas Indonesia Kurnia Meiga. Teranyar, Erick Thohir menyalurkan bantuan berupa paket usaha ayam goreng buat Meiga yang saat ini terpaksa menepi dari lapangan hijau akibat masalah penglihatan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir melanjutkan komitmen pihaknya untuk memberi uluran tangan terhadap eks penjaga gawang Timnas Indonesia Kurnia Meiga yang tengah ditimpa kemalangan.

Seperti diketahui, sosok yang pernah menjalani karier di Arema FC itu harus menepi dari lapangan hijau sejak 2017 akibat adanya gangguan penglihatan yang dialami.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Kurnia Meiga dan keluarga guna mengatasi masalah tersebut. Mantan kiper Timnas Indonesia itu sampai rela menjual koleksi medali yang dia peroleh sepanjang karier profesionalnya.

Situasi Meiga lantas membuat Erick Thohir selaku ketua umum federasi sepak bola Indonesia, PSSI, tergerak untuk memberi bantuan.

Ia menyediakan paket usaha franchise ayam goreng bagi Meiga dan keluarga, yang dapat mulai beroperasi pada akhir bulan ini dan dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan.

"Karena waktu itu saya ketemu Kurnia Meiga dan Azizah (Azhiera), saya sejak awal ingin menawarkan (supaya mereka) bisa berusaha menjadi entrepreneurship, pengusaha, tetapi kan pasti perlu belajar," tutur Erick dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

"Nah yang termudah apa? Belajar, ketika ada sosok seperti Mbak Jenny yang sudah mempunyai franchise Magu Magu Chicken yang jumlahnya sudah 5000 gerobak dan ada 100 outlet."

"Artinya apa? (Ini) sebuah produk yang sudah punya success story. Bukan, mohon maaf, Azizah dan Meiga mencoba-coba buat dagang ayam goreng, mereknya belum terkenal, rasanya belum maksimal," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan Kesehatan untuk Kurnia Meiga

Tak hanya memberi bantuan berupa paket usaha, Erick Thohir juga telah menjalin komunikasi dengan tenaga kesehatan terkait penyediaan alat bantu penglihatan bagi Kurnia Meiga.

Ia berharap alat bantu tersebut dapat membantu menjaga kondisi penglihatan Meiga agar tidak mengalami penurunan dibanding saat ini.

"Juga untuk (rumah sakit), alat bantu penglihatan tolong di kejar. Jangan belaga lupa dua-duanya. Kan (perlu) pakai alat bantu ya," ujar Erick sembari berkelakar.

"Sudah ada kesepakatan waktu itu bahwa kita mendampingi Kurnia Meiga untuk menjaga supaya penglihatannya tidak menurun (dibanding saat ini) dengan membantu secara medi dan memberi alat bantu (penglihatan)," kata Erick lagi.

3 dari 3 halaman

Kawal Pemain Timnas Lewat Yayasan PSSI

Sekadar informasi, Kurnia Meiga bukanlah satu-satunya pemain/mantan pemain Timnas Indonesia yang bakal menerima manfaat dari PSSI. Federasi sepak bola Indonesia, melalui yayasannya, memang telah berkomitmen untuk memberi pelayanan kesehatan serta mempersiapkan karier pascapensiun bagi penggawa Timnas Indonesia.

"Waktu itu, kita sudah bicara. Fungsi yayasan itu ada dua. Pertama, memasitkan para pahlawan olahraga sepak bola mendapat pelayanan kesehatan yang baik. Nah, itulah mengapa kita sedang terus berdiskusi dengan BPJS," papar Erick pada Rabu (5/7/2023).

"Yang kedua, karier pasca bermain bola atau pun saat bermain bola. Mereka kita coba bantu (dengan) melatih persiapan kalau pensiun."

"Nah ini juga kita mulai lakukan kerja sama yang belum bisa saya umumkan sekarang, supaya jangan sampai keitka sesudah bermain bola, mayoritas (altet) terutama bekas tim nasional ini bangkrut," tandas Erick dalam konferensi pers penyaluran bantuan bagi Kurnia Meiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini