Sukses

Fokus Meniti Karier di NBA, Victor Wembanyama Pilih Absen di FIBA World Cup 2023

Wembanyama memilih fokus menyiapkan diri menghadapi musim perdananya di NBA ketimbang main di FIBA World Cup 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Pecinta bola basket di Indonesia dipastikan takkan bisa menyaksikan Victor Wembanyama beraksi di Jakarta pada FIBA World Cup 2023 atau Piala Dunia Bola Basket 2023. Rookie NBA tersebut memilih absen membela timnas Prancis.

Wembanyama sejatinya merupakan salah satu andalan Prancis di Piala Dunia Bola Basket 2023. Banyak yang sudah menantikan aksi Wembanyama di Indonesia Arena pada Agustus nanti.

Nama Wembanyama begitu populer di kalangan pecinta basket dunia. Pemain 19 tahun itu digadang akan menjadi bintang besar NBA. Wembanyama baru saja dipilih San Antonio Spurs pada urutan pertama di NBA Draft 2023.

Karena sudah resmi masuk NBA, Wembanyama akhirnya memilih absen membela Prancis di FIBA World Cup 2023. Kepada L'Equipe, Wembanyama mengaku lebih memilih fokus mempersiapkan diri menghadapi musim debut di NBA dan juga Olimpiade 2024 di Paris.

Wembanyama sebenarnya ingin ikut membela Prancis di Piala Dunia Bola Basket 2023. Namun dia akhirnya memilih realistis demi mengejar target lebih besar di masa depan. Wembanyama meminta maaf kepada pendukung Prancis terpaksa absen di Jakarta.

"Itu tidak realistis dalam hal pengembangan dan tidak bijaksana dalam hal kesehatan. Saya harap orang-orang akan mengerti. Ini juga membuat saya frustrasi. Tim Prancis masih penting bagi saya. Saya ingin memenangkan gelar sebanyak mungkin bersama tim. Tapi saya pikir itu adalah pengorbanan yang perlu," ujar Wembanyama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wembanyama Bantah Diminta Spurs Absen

Wembanyama pada kesempatan tersebut juga menegaskan langkahnya absen di FIBA World Cup 2023 bukan karena permintaan Spurs. Wembanyaman mengaku Spurs sangat mendukung apapun keputusannya. Wembanyama memilih tak main di Jakarta setelah berkonsultasi dengan tim medis.

Eks pemain Boulogne-Levallois Metropolitans 92 merasa perlu istirahat dan melatih kondisi fisiknya selama musim panas nanti setelah memainkan 62 pertandingan musim ini. Dalam 24 bulan, Wembanyama total main 170 kali.

3 dari 3 halaman

Masih Banyak Pemain NBA yang Main di Jakarta

Wembanyama ini bisa bugar di musim pertamanya di NBA. Dia juga tetap dijadwalkan akan ikut NBA Summer League yang berlangsung Juli nanti di Amerika Serikat.

Meski Wembanyama absen, Prancis masih memiliki segudang bintang NBA yang mungkin dibawa ke Jakarta seperti Rudy Gobert, Evan Fournier hingga kemungkinan MVP NBA musim ini, Joel Embiid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.