Sukses

Presiden Jokowi Bakal Nonton Langsung Perjuangan Timnas Indonesia Lawan Argentina

Presiden Jokowi dikonfirmasi wakil ketua umum PSSI Zainudin Amali bakal hadir pada pertandingan FIFA Matchday Timnas Indonesia kontra Argentina di Gelora Bung Karno.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikonfirmasi bakal memberikan dukungan langsung saat Timnas Indonesia menghadapi Argentina pada laga FIFA Matchday di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023) mulai pukul 19.30 WIB. Ini duel penting bagi Timnas Indonesia untuk mengangkat poin di ranking FIFA.

Kehadiran Presiden Jokowi dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Umum Persatuan Seluruh Sepak Bola Indonesia (PSSI) Zainudin Amali. Ini dikatakannya usai meresmikan peluncuran bus baru untuk timnas Indonesia di Garuda Store, komplek stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

"Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bakal hadir menonton langsung pertandingan. Sudah dipastikan, Insyallah hadir," kata Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali seoerti dikutip antara.

Amali mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan terkait pengamanan Presiden Jokowi nanti. Selain itu, pengamanan ekstra ketat harus dilakukan karena GBK bakal dihadiri banyak suporter yang akan masuk stadion.

"Sudah di atur (koordinasi) terkait dengan keamanan. Sudah di arahkan. Kepada teman-teman (suporter) tolong datang lebih awal, jangan pas mulai pertandingan, baru mau datang. Bagi mereka yang sudah mempunyai gelang langsung masuk ke dalam (stadion)," kata Zainudin Amali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Starter Timnas Indonesia dan Argentina

 

Timnas Indonesia dipastikan melalui pelatih Shin Tae Yong akan turun dengan pemain-pemain andalan seperti Dimas Drajad, Asnawi Mangkualam, Arhan Pratama dan Marc Klok.

Praktis skuad Garuda hanya tidak dapat diperkuat oleh bek Sandy Walsh yang mengalami cedera betis saat menjalani pemusatan latihan di Surabaya pada Minggu lalu.

Sementara dari tim yang berstatus juara Piala Dunia, pelatih Argentina Lionel Scaloni memutuskan untuk memberi waktu liburan untuk pemain-pemain senior seperti kapten Lionel Messi, winger Angel Di Maria dan bek Nicholas Otamendi.

Skuad Albicaleste diprediksi akan tampil dengan sejumlah pemain muda potensial seperti Alejandro Garnacho, Julian Alvarez dan Enzo Fernandez.

 

3 dari 5 halaman

Timnas Indonesia Dapat Bus Baru dari Sponsor

 

Timnas Indonesia mendapat kabar baik jelang FIFA Matchday melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin 19 Juni 2023. Pasukan Shin Tae-yong sudah bisa menggunakan bus baru.

Bus baru untuk timnas Indonesia diresmikan pada Minggu 18 Juni 2023 sore WIB di depan Garuda Store oleh waketum PSSI Zainudin Amali. Bus ini merupakan pemberian sponsor BRI.

Nantinya bus ini akan digunakan seluruh timnas dari senior hingga junior. Timnas wanita juga akan memakai bus yang sama. Karena saat ini ada agenda melawan Argentina maka timnas senior yang berkesempatan memakai lebih dulu.

Bus baru timnas Indonesia berwarna dominan merah dengan gambar Garuda besar. Timnas Indonesia sudah tak memiliki bus sejak 2020. Bus sebelumnya sudah tak dipergunakan setelah kerjasama sponsor berakhir.

"Bus yang berguna untuk timnas Indonesia. Ini akan dipakai dari senior sampai junior dan perempuan. Terima kasih semoga dengan banyak kebutuhan tersebut bisa menggugah BRI menambah bus," ujar Zainudin Amali.

"Sejak 2020 kita sudah tidak punya bus lagi karena sponsor yang lama sudah menghentikan dukungan. Tiba-tiba BRI datang. Luar biasa. Mudah-mudahan hari ini satu nanti ada lagi biar tidak berebut," lanjut Amali.

 

4 dari 5 halaman

Komentar Shin Tae-Yong soal Absennya Lionel Messi

 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak mau terlalu ambil pusing menanggapi ketidakhadiran Lionel Messi di FIFA Matchday Indonesia vs Argentina.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai Albiceleste tak hanya punya satu pemain bagus dalam jajaran skuadnya. Oleh karenanya, menghilangnya La Pulga dianggap tak mengubah fakta bahwa Indonesia bakal menjamu sang juara dunia dalam laga uji coba.

Shin Tae-yong nampaknya tak mau terlalu memusingkan ketiadaan Lionel Messi di FIFA Matchday melawan Argentina.

Sekadar informasi, Messi memang tidak ikut memperkuat timnya saat bertandang ke Indonesia. La Pulga bersama Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi berpisah dari rombongan usai melakoni laga kontra Australia di China beberapa waktu lalu.

Ketiadaan Messi lantas menuai reaksi beragam dari penggemar. Sejumlah fans mengaku kecewa lantaran La Pulga merupakan salah satu pemain yang paling dinanti kehadirannya dalam FIFA Matchday Indonesia vs Argentina.

Walau demikian, juru taktik Skuad Garuda Shin Tae-yong ogah memusingkan hal ini. Ia hanya ingin Skuad Garuda fokus ke pertandingan, mengingat Argentina tetaplah kesebelasan nomor satu dunia, terlepas dari ketidakhadiran La Pulga.

"Jadi kita pastinya fokus ke pertandingan ya bukan hiburan, apalagi ini tim Argentina. Pastinya (mereka) tidak (hanya) mengandalkan satu pemain yaitu Lionel Messi," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers di SUGBK, Jakarta, Minggu (18/6/2023)z

"Yang namanya FIFA ranking nomor 1, pasti semua pemain dan keseluruhan pemain dari tim Argentina memang baik dalam permainannya."

"Jadi permainan bola memang seperti itu. Hanya dengan satu pemain, (mereka) tidak akan menjadi juara Piala Dunia," tandas pelatih asal Korea Selatan.

 

5 dari 5 halaman

Target Timnas Indonesia Tidak Muluk-Muluk

Di sisi lain, Shin Tae-yong juga tak mau memasang target muluk-muluk untuk Timnas Indonesia. Juru taktik asal Korea Selatan itu hanya ingin laga kontra Argentina bisa menjadi sarana belajar bagi Skuad Garuda jelang Piala Asia 2023.

"Tim Argentina memang juara dunia tahun lalu, dan saat ini pun (mereka menduduki) FIFA ranking nomor 1. Jadi tidak ada yang bisa menilai tim Argentina seperti apa," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers di SUGBK pada Minggu (18/6/2023).

"Saya pun sudah nonton pertandingan Argentina lawan Australia di China kemarin, dan sangat kelihatan kondisi merek baik. (Argentina) menunjukkan bahwa mereka adalah tim juara dunia."

"Pertandingan ini pasti menjadi bantuan besar (bagi Timnas Indonesia) sebelum Piala Asia. Para pemain bisa banyak belajar dari Timnas Argentina, dan dengan pertandingan ini kita bisa tahu tim kita sekuat apa serta bisa menentukan arah ke depannya," sambung Shin Tae-yong kepada awak media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.