Sukses

UMKM Binaan APJI DKI Jakarta Mejeng di Food Beverage Indonesia 2024

APJI DPD DKI Jakarta berpartisipasi dalam acara besar Food + Beverages Indonesia 2024. Acara ini merupakan pameran kuliner yang bertujuan mendorong pertumbuhan industri makanan di Indonesia yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, 8-11 Mei 2024

 

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) DPD DKI Jakarta berpartisipasi dalam acara besar Food + Beverages Indonesia 2024. Acara ini merupakan pameran kuliner yang bertujuan mendorong pertumbuhan industri makanan di Indonesia yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, 8-11 Mei 2024

APJI DPD DKI Jakarta hadir dengan membawakan konsep APJI MART. APJI MART merupakan konsep mini market denga menjual produk-produk dari para Anggota APJI.

Ketua Pelaksana APJI MART Furina menyebut jika APJI MART berhasil menarik perhatian pengunjung dengan banyaknya 50 peserta UMKM yang mengikuti kegiatan ini.

"Tahun ini peserta APJI MART meningkat pesat sebesar 55% dari tahun sebelumnya," ucapnya, Rabu (8/5/2024).

Sementara itu, Riri Puspita, PLT Ketua APJI DPD DKI menilai dengan adanya APJI MART, APJI DKI Jakarta ingin menunjukan bahwa para binaan UMKM APJI memiliki minat tinggi dalam upaya peningkatan kompetensi dan memberikan pengalaman dalam mempromosikan produk di kelas pameran Food + Beverage Indonesia.

“Melalui acara ini, kami berharap APJI MART sebagai wadah para UMKM dapat memperkenalkan produk lokal ke Mancanegara," harapnya.

"Food + Beverage Indonesia memiliki pasar yang luas tidak hanya warga negara Indonesia. juga menjadi kunci dalam mengakselerasi ekonomi kreatif pada subsektor Kuliner," pungkas Riri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jawab Tantangan Krisis Pangan, DPD APJI DKI Jakarta Bahas Inovasi dan Kolaborasi di Rakerda

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (DPD APJI) Provinsi DKI Jakarta gelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda). Gelaran tersebut mengangkat tema “Strategi Terdepan Pengusaha Kuliner APJI DKI Jakarta dalam Menghadapi Krisis Pangan: Inovasi dan Kolaborasi”. Kegiatan Rakerda ini diselenggarakan di Azana Suites Hotel Antasari, Jakarta Selatan, Senin (20/11/2023).

Ketua Panitia Penyelenggara Rakerda APJI DKI Jakarta Dessy Sagita Herawaty menerangkan pada gelaran ini akan diisi beragam kegiatan. Mulai dari Talkshow hingga acara cook battle.

"Kami berupaya keras untuk menyusun agenda acara yang informatif, interaktif dan menginspirasi yang dapat bermanfaat bagi sesama anggota APJI. Mulai dari acara Talkshow dengan tema : “Strategi Terdepan Pengusaha Kuliner APJI DKI Jakarta dalam menghadapi Krisis Pangan: Inovasi dan Kolaborasi”, hingga acara “Cook Battle“ antar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) APJI di 4 wilayah," ucapnya dalam keterangan diterima.

Ia pun berharap dengan suguhan acara-acara tersebut para peserta Rakerda dapat menambah wawasan, terinspirasi dengan inovasi dan kolaborasi serta meningkatkan jalinan persaudaraan yang kuat antar sesama anggota APJI DKI Jakarta.

Sementara itu, Ketua DPD APJI Provinsi DKI Jakarta Tashya Megananda Yukki menyebut dirinya terus berupaya menjadikan APJI DKI Jakarta sebagai wadah organisasi yang solid bagi para pelaku usaha kuliner.

"Berbagai kegiatan kami persembahkan sebagai wadah aspiratif untuk mendukung kemajuan usaha di industri kuliner dan mempererat kolaborasi dengan sesama anggota serta kerjasama dengan seluruh mitra kerja APJI DKI," ucapnya.

Berbagai pameran kuliner, pelatihan, cooking class, webinar dan kunjungan ke mitra APJI dimaksudkan untuk dapat menambah wawasan serta networking bagi seluruh anggota APJI DKI.

"Tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha kuliner tidak pernah menyurutkan semangat untuk senantiasa berinovasi, memperluas wawasan dan networking serta memperkokohnya dengan membangun kolaborasi yang saling mensupport satu dengan yang lain," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Perubahan Cepat

Dengan berada dalam sebuah komunitas bidang usaha yang sama, Tashya berharap akan lebih memahami perubahan-perubahan yang terjadi dengan sangat cepat di industri ini.

"Dan berada di dalam jaringan komunitas yang saling mendukung, kita kan menemukan solusi atas setiap tantangan dan masalah yang dihadapi. Akan muncul ide-ide baru, kreatifitas dan inovasi yang akan membawa kemajuan bagi seluruh anggota organisasi ini," tegasnya.

Ia pun berharap jalinan kerjasama yang harmonis akan senantiasa dibina dan dijaga agar memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi anggota APJI DKI Jakarta dan juga para mitra APJI.

"Semoga dengan Rakerda APJI DKI Jakarta tahun 2023 dapat membawa APJI menjadi organisasi kuliner terdepan dan semakin solid," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini